Cegah Stunting di Makassar, BKKBN bersama Aliyah Mustika Gencarkan Edukasi KIE

Cegah Stunting di Makassar, BKKBN bersama Aliyah Mustika Gencarkan Edukasi KIE

MAKASSAR, UPEKS.CO.ID- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggencarkan Program Percepatan Penurunan Stunting melalui kegiatan sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Bangga Kencana bersama mitra kerja Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.

Salah satu yang ditempuh oleh BKKBN dalam Program Percepatan Penurunan Stunting adalah dengan melakukan sosialisasi dan advokasi serta KIE dalam pencegahan stunting kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya
 

Pendampingan keluarga stunting serta pemberian bantuan makanan bergizi dan penuh protein, seperti telur, ikan dan sayuran.

Aliyah Mustika Ilham dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya peran orang tua memahami marwah dari Bangga kencana, sebagai salah satu langkah mencegah kelahiran stunting.

“Stunting merupakan salah satu penyebab terhambatnya upaya untuk mewujudkan SDM unggul. Stunting yang terjadi pada masa anak selain menghambat pertumbuhan, juga mempengaruhi kemampuan kognitif dan perkembangan motorik, bahkan mempengaruhi kesehatannya ketika masa dewasa,” tutur Aliyah Mustika Ilham, di Gedung LKSA Bahagia Aisyiyah Antang, Senin (15/01/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala perwakilan BKKBN prov Sulsel, yang menyampaikan bahwa salah satu tanda stunting adalah tinggi badan, namun tidak selamanya yang pendek itu stunting.

“Kalau pendek tidak masalah, karena banyak orang pendek tetapi cerdas, karena tidak semua anak pendek stunting, namun stunting sudah pasti pendek, jika kognitif anak yang terganggu generasi emas 2045 akan sulit tercapai,” ungkapnya. (Mimi)