Wujudkan Kualitas Pelayanan Publik Yang Baik, Pemkab Gowa Gelar Workshop 

Wujudkan Kualitas Pelayanan Publik Yang Baik, Pemkab Gowa Gelar Workshop 

GOWA, UPEKS.co.id–Bagian Organisasi Sekertariat Daerah Kabupaten Gowa bersama Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskomifo-SP) Kabupaten Gowa mendorong agar kinerja pengelola layanan dan pengaduan SP4N LAPOR semakin meningkat dan maksimal.

Hal ini dianggap perlu sebab di era perkembangan teknologi saat ini, kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan oleh para pengelola layanan pemerintahan juga harus terus berkembang. Upaya yang dilakukan pun dengan menggelar Workshop Pembinaan Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR! Tahun 2023.

Bacaan Lainnya
 

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Makassar, melibatkan seluruh admin SP4N-LAPOR! yang ada di Tingkat Kabupaten Gowa hingga kelurahan/desa.

Kepala Bidang Komunikasi Publik, Diskominfo-SP Kabupaten Gowa, Dhyni Widyaswari Dwiputri mengatakan, kegiatan ini terselenggara untuk mendorong kolaborasi antara pemerintah daerah, lembaga terkait, dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kegiatan ini juga untuk mengidentifikasi dan mengatasi hambatan atau tantangan dalam penanganan pengaduan SP4N-LAPOR! di Kabupaten Gowa,” katanya di sela-sela kegiatan, Selasa (19/12/2023).

Lanjutnya, kegiatan ini juga dilakukan sebagai rencana tindak lanjut dalam pengelolaan pengaduan di wilayah Kabupaten Gowa.

Sementara, Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa, Arifudin Saeni yang membuka langsung kegiatan ini mengatakan, di tengah era keterbukaan informasi yang merupakan hal sangat penting untuk menjadi fungsi kontrol masyarakat terhadap pemerintah. Tujuannya sebagai upaya mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel sehingga membatasi terjadinya penyalahgunaan kewenangan dalam pemerintahan.

“Workshop ini tidak sekedar acara rutin melainkan merupakan langkah nyata dalam peningkatan kapasitas pengelola SP4N-LAPOR! di Kabupaten Gowa,” kata Arifuddin.

Lanjutnya, peningkatan kapasitas ini bukan hanya mencari tugas pemerintah sebagai pelayan masyarakat, tetapi juga merupakan tanggung jawab moral untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada warga.

“Kami menyadari betapa pentingnya internalisasi sistem pelayanan pengaduan dalam kerangka SP4N-LAPOR! ini. Dengan mendalaminya kita dapat memastikan bahwa setiap pengaduan masyarakat tidak hanya diterima tetapi juga ditanggapi dengan cepat dan efisien,” tuturnya.

Workshop ini menjadi momentum berharga bagi semua untuk memperkuat kolaborasi antara berbagai pihak terkait di Kabupaten Gowa.

“Kegiatan ini memberikan kesempatan untuk kita dapat membentuk pondasi yang kuat untuk mencapai tujuan bersama yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Gowa,” pungkasnya.

Workshop ini juga menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik Persandian Kabupaten Gowa dan dari USAID Erat. (Sofyan)