Wakil Dekan II Fakultas Pertanian Unismuh Makassar  Promosi Doktor di Unhas 

Wakil Dekan II Fakultas Pertanian Unismuh Makassar  Promosi Doktor di Unhas 

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Akbar SP, M.Si., Wakil Dekan II Fakultas Pertanian Universitas (Unismuh) Muhammadiyah Makassar berhasil mempertahankan Disertasi dalam sidang promosi doktor pada Kamis, 28 Desember 2023. Sidang tersebut akan dilangsungkan di Aula Prof Fachruddin, Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin.

Akbar meraih gelar Doktor dalam Bidang Ilmu Pertanian, setelah mempertahankan  disertasi berjudul “Kajian Human Capital dalam Penguatan Kelembagaan Agribisnis Hortikultura di Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng”.

Bacaan Lainnya
 

Dalam menyelesaikan penelitian disertasi, Akbar dibimbing oleh Promotor Prof Muslim Salam, serta Ko-Promotor Dr Rahmadanih dan Prof Muhammad Arsyad.

Komisi penguji dalam ujian disertasi ini yakni Prof Rahim Darma, Prof Muh Hatta jamil, Prof A Nixia Tenriawaru, dan Dr Letty Fudjaja. Selain itu, penguji eksternal yang juga hadir secara virtual, yakni Prof Siti Munifah dari Kementerian Pertanian.

Akbar mengkaji karakteristik modal manusia dan penguatan sistem kelembagaan dalam agribisnis hortikultura di Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan Smart-PLS 4, menunjukkan bahwa karakteristik pelaku kelembagaan agribisnis hortikultura berada pada kategori cukup baik.

Lebih jauh, penelitian Akbar juga mendapati bahwa komponen human capital yang meliputi leadership, individual capability, individual motivation, serta organizational climate memiliki pengaruh signifikan terhadap penguatan kelembagaan agribisnis hortikultura.

Penelitian Akbar memberikan manfaat nyata bagi keberlanjutan dan efektivitas kerja dalam sektor agribisnis hortikultura.

Akbar memiliki jejak akademik dan profesional, selain sebagai dosen, ia juga merupakan salah satu pejabat struktural di Fakultas Pertanian Unismuh. Ia merupakan Wakil Dekan III pada tahun 2018-2022. Saat ini ia didapuk sebagai Wakil Dekan II.

Secara akademik, Akbar juga menulis sejumlah jurnal nasional dan internasional bereputasi. Ia juga memiliki rekam jejak sebagai aktivis, tercatat ia pernah memimpin UKM LKIM Pena Unismuh, dan Ketua Umum DPD IMM Sulsel.

Dalam sidang disertasi ini, tampak hadir sejumlah tokoh antara lain, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Dr Muhammad Syaiful Saleh, dan Dr Lamabawa.

Ujian ini juga dihadiri Pimpinan Fakultas Pertanian Unismuh, yakni Dekan Dr Andi Khaerati, Wakil Dekan I Dr Jumiati, Wakil Dekan III Muhammad Ikbal, dan Wakil Dekan IV Ardi Rumallang. Selain itu kolega dan keluarga Akbar turut memadati Aula Prof Fachruddin Sekolah Pascasarjana Unhas. (aca)