UMI Kembali Terakreditasi Institusi Unggul, 5 Prodi Menuju Akreditasi Internasional

UMI Kembali Terakreditasi Institusi Unggul, 5 Prodi Menuju Akreditasi Internasional


MAKASSAR,UPEKS.co.id—Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mempertahankan akreditasi institusinya dengan predikat ‘Unggul’.

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 1090/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/XII/2023 di Jakarta, 05 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

“Akreditasi Unggul ini berlaku sejak tanggal 20 Desember 2023 sampai dengan 20 Desember 2028,” ungkap Rektor UMI Prof. Sufirman Rahman, didampingi  Ketua Pembina YW-UMI, Ketua Pengawas YW-UMI, Ketua Bidang Hukum dan Pendidikan YW-UMI, Para Wakil Rektor UMI dan Ketua LPM UMI saat jumpa pers di Aula Rapat Senat Lt. 9 Menara UMI, Rabu (6/12/2023).

Prof. Sufirman, bersyukur atas akreditasi unggul yang kembali diraih UMI berdasarkan keputusan resmi dan BAN-PT dengan mempertahankan akreditasi institusi ‘Unggul’.

“Untuk mempertahankan raihan tersebut, Pimpinan UMI mempersiapkan rencana strategis yaitu mempersiapkan 5 prodi untuk akreditasi internasional melalui Kemenristek Dikti melalui program pendampingan akreditasi internasional di perguruan tinggi,” ujarnya.

Kelima Prodi tersebut meliputi Prodi Manajemen S1 FEB UMI didampingi ITS Surabaya, Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian UMI dan Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK UMI dan Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik UMI dan Prodi Teknik Kimia FTI UMI.

Selain itu, agar akreditasi unggul yang disandang UMI dapat dipertahankan. Prof. Sufirman menyebutkan kegiatan tridharma perguruan tinggi yang berskala internasional terus dikembangkan.

“Ini ditandai dengan dibukanya pendaftaran mahasiswa asing tahun ajaran 2024/2025 yang secara resmi 105 orang telah terdaftar yang berasal dari 8 negara yaitu pakistan, India, Malaysia, Inggris, pantai gading, Sudan dan Nigeria, urainya,” ungkap Prof. Sufirman.

Prof. Sufirman  juga mengatakan bahwa Universiti Malaya Malaysia yang merupakan perguruan tinggi peringkat 56 dunia, telah bekerjasama.

“Implementasi program kerjasama akan dilaksanakan pertukaran mahasiswa dan pertukaran tenaga kependidikan, ini bagian dari bagaimana UMI meningkatkan kerjasama internasional,” tukas Prof. Sufirman.

Menurut Prof. Sufirman UMI juga terus membenahi fasilitas pendukung kampus salah satunya penerangan lampu jalan kampus dengan memanfaatkan tenaga surya. “Semoga dengan kemajuan tersebut membawa UMI terus berkembang dan mendunia,” tutup Prof. Sufirman. (aca)