Seleksi Petugas Haji Tahap Pertama di Kemenag Sulsel Diikuti 337 Orang

Seleksi Petugas Haji Tahap Pertama di Kemenag Sulsel Diikuti 337 Orang

Makassar, Upeks – Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) hari ini (Sabtu, 23/12/2023) menggelar Seleksi Tahap Pertama bagi calon Petugas Penyelenggara Ibaah Haji (PPIH) baik Kloter maupun PPIH Arab Saudi yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut H. Nurhalis Kasubdit Pengawasan Umrah pada Direktorat Umrah dan Haji Khusus mewakili Dirjen PHU Kemenag RI menyebut bahwa Proses Seleksi PPIH untuk musim Haji Tahun 1445 H/2024 M ini dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan seluas luasnya kepada masyarakat serta menjaring petugas haji secara terbuka dan kompetitif.

Bacaan Lainnya
 

“Seleksi ini juga untuk memotret kompetensi, pengetahuan, pemahaman, motivasi dan dedikasi para calon petugas haji, dan diharapkan bagi yang nantinya terpilih jadi Petugas Haji adalah mereka yang benar benar memiliki kompetensi yang memadai baik pengetahuan mumpuni,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel H. Ikbal Ismail menyampaikan bahwa hilangkan semua status sosial yang ada dalam dirinya ketika bertugas nantinya, karena pada dasarnya kita diberi amanah untuk bertugas melayani jemaah dengan sepenuh hati dan segala kemampuan.

“Khusus terkait uji Tes sebagai syarat utama rekruitmen petugas Haji, saya harap seluruh peserta bisa tetap tenang dalam mengikuti prosesnya, tidak usah terburu buru, cermati baik baik, maksimalkan kemampuannya, karena hasil ujian ini by sistem, sehingga tidak ada rekayasa dan manipulasi didalamnya,”jelas Kabid PHU.

“Ini murni by sistem, jadi tidak ada itu istilah titip titipan atau trik trik aneh lainnya, yakinlah dengan kemampuan, jangan lupa berdoa, semoga kita menjadi salah satu orang yang beruntung dan bisa bertugas melayani Tamu Allah di Tanah Suci, karena yang kita butuhkan petugas haji yang handal, ikhlas, berintegritas dan bertanggungjawab,” tegas Ikbal.

Seleksi tahap Pertama di Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan sehari oleh Bidang PHU Kanwil Kemenag Prov. Sulsel yang diikuti oleh 337 orang dengan titik lokasi yang tersebar di 24 Kabupaten kota, dan khusus yang ikut di lokasi Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar terdapat 242 orang.

Berdasarkan laporan dari Ketua Tim Bina Petugas dan Haji Reguler Afif Bahri, seluruh ada sejumlah posisi yang akan diperebutkan oleh seluruh peserta seleksi Petugas haji diantaranya Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah Kloter, Petugas bagian Akomodasi, Transportasi, Konsumsi, Bimbingan Ibadah dan Siskohat.

“Bagi yang nantinya dinyatakan lolos di seleksi Tahap Pertama ini, akan dipanggil kembali mengikuti Seleksi Tahap kedua yang terdiri dari CAT dan Wawancara yang Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2023,” terang Afif Bahri.(rls)