Seleksi Petugas Haji Tahap II, Kakanwil Kemenag Sulsel Minta Maksimalkan Ikhtiar dan Sucikan Niat

Seleksi Petugas Haji Tahap II, Kakanwil Kemenag Sulsel Minta Maksimalkan Ikhtiar dan Sucikan Niat

 

Makassar. — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan H. Khaeroni membuka seleksi Tahap II Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1445H/2024M Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis, 28 Desember 2023.

Bacaan Lainnya
 

Seleksi Computer Assisted Test (CAT) dan Wawancara Rekrutmen Calon PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi (Non Kloter) untuk musim haji 2024 M/1445 H ini, digelar di Aula Kanwil Kemenag Sulsel.

Didampingi Kepala Bagian Tata Usaha H. Ali Yafid Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan H. Ikbal Ismail dan Pengawas dari Dirjen PHU Kemenag RI H. Zulkarnain Nasution, Kakanwil menyampaikan dinamika dan kebijakan penyelenggaraan haji termasuk rekruitmen calon petugasnya.

Menurut Kakanwil, Kementerian Agama menaruh perhatian besar terhadap proses rekrutmen petugas haji. Dimana pada rekrutmen petugas haji tahun 1445H/2024 ini kami lakukan semua proses mulai dari pendaftaran, penyerahan persyaratan, tes seleksi, pengumuman dilakukan secara online. Ini dilakukan untuk memperbaiki proses pelaksanaannya serta menghindari sangka prasangka yang muncul ketika dilakukan secara manual.

“Dengan beberapa upaya perbaikan yang dilakukan diharapkan nantinya para petugas haji yang terpilih adalah mereka yang terbaik dari sebuah proses seleksi yang kompetitif. Karena kami sadar tersedianya petugas haji yang kompetitif serta memiliki kompetensi, pengetahuan dan motivasi yang memadai merupakan faktor terpenting dalam upaya mencapai kesuksesan dan keberhasilan dalam penyelenggaraan Ibadah Haji,” tutur Khaeroni.

Di hadapan seluruh peserta, tim pewawancara, serta panitia PHU Pusat, Kakanwil juga semangati calon peserta yang ikuti tahapan CAT II dan Interview ini agar tetap optomis dan optimalkan ikhtiarnya.

“Peserta yang mengikuti tes tahap kedua ini di antara adalah orang-orang yang beruntung, maka berusahalah dengan maksimal, serta dengan tekad dan niat yang tulus dan mulia, Ingat, Tugas melayani Tamu Allah (dhuyufurrahman) itu masuk di antara kemuliaan besar bagi kita,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulsel H. Ikbal Ismail melaporkan bahwa Peserta yang mengikuti seleksi Tahap I (penilaian administrasi dan CAT) pada Kanwil Kemenag dan Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan sebanyak 320 orang. Yang dinyatakan lulus dan berhak untuk mengikuti seleksi tahap II (CAT dan wawancara) sebanyak 92 orang dengan rincian sebagai berikut:
1) Ketua Kloter : 35 orang
2) Pembimbing Ibadah Kloter : 33 orang
3) Akomodasi : 10 orang
4) Transportasi : 4 orang
5) Konsumsi : 6 orang
6) Bimbingan Ibadah : 2 orang
7) Siskohat : 2 orang

Ketua Tim Pengawas dari Dirjen PHU Kemenag RI H. Zulkarnain Nasution pada kesempatan tersebut menyebut Pelaksanaan test seleksi calon PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter ini, katanya juga dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif, karenanya diharapkan kejujuran dan integritas seluruh peserta yang mengikuti Seleksi Tahap Kedua ini.

“Tes petugas ini bertujuan dalam rangka memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat serta menjaring petugas haji yang memiliki kompetensi, integritas dan dedikasi yang baik,” tegasnya. (rls)