Sektor Usaha Mikro Dominasi Penyaluran Kredit UMKM di Sulsel

Sektor Usaha Mikro Dominasi Penyaluran Kredit UMKM di Sulsel


MAKASSAR,
UPEKS.co.id— Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) mencatat, jumlah penyaluran kredit UMKM di Provinsi Sulsel hingga akhir Oktober 2023 lalu mencapai Rp58,88 triliun.

“Angka tersebut mengalami pertumbuhan 9,35% (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Data ini menunjukkan bahwa, Sulsel ini memang provinsi yang basisnya UMKM,” ungkap Darwisman, Kepala Kantor OJK Sulselbar, Kamis (14/12/2023).

Bacaan Lainnya
 

Secara total, sambung Darwisman, kredit UMKM telah disalurkan kepada 935.243 debitur dengan tingkat NPL terkendali pada level 4,34%.

Darwisman mengatakan, pada periode tersebut, penyaluran kredit UMKM di Sulsel masih didominasi oleh sektor usaha mikro yang tercatat Rp31,52 triliun, atau 27,04% yoy.

Sedangkan kredit usaha kecil tercatat sebesar Rp17,5 triliun atau terkontraksi -7,90% yoy. Kemudian, kredit usaha menengah sebesar Rp9,78 triliun atau turun -1,67% yoy.

Menurut Darwisman, jika melihat jumlah UMKM di Sulsel yang cukup besar, potensi penyaluran kredit UMKM yang lebih bisa masih sangat besar. “Kredit UMKM ini masih cukup tinggi potensinya untuk kita dorong tumbuh lebih tinggi lagi,” katanya. (***)