Ribuan Gerakan Koperasi Semarakkan Harkopnas Sulsel di Bone

Ribuan Gerakan Koperasi Semarakkan Harkopnas Sulsel di Bone

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Ribuan orang dari gerakan koperasi di Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menyemarakkan Puncak Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 yang dipusatkan di Bone, 30 November 2023 s.d 3 Desember 2023.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Sulsel, Asrullah Awing, menyebutkan perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76 di Kabupaten Bone menghadirkan gerakan koperasi kurang lebih 3.000 orang dari 24 kabupaten/ kota, belum termasuk gerakan koperasi dari Kabupaten Bone serta masyarakat luas.

Bacaan Lainnya
 

“Hari Koperasi Nasional ini dimaknai sebagai pengingat sejarah lahirnya koperasi di Indonesia sekaligus mengenalkan keberadaan koperasi ditengah masyarakat, adapun tema tahun ini yaitu “Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern dan Berdigital”, kata Asrullah Awing, Jumat (1/12/2023).

Ketua pelaksana Harkopnas ke-76 Dekopinwil Sulsel, Andi Amri menambahkan, selain dihadiri ribuan orang dari gerakan koperasi, panitia juga mengundang Pj Gubernur Sulsel, Kementerian Koperasi dan UKM RI dan Ketua Umum Dekopin.

Selain itu, Direktur Kerja sama Pendanaan dan Pembiayaan Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Muhammad Yusuf mengkonfirmasi hadir pada acara workshop perkoperasian. Direktur PIP akan menyampaikan materi pembiayaan atau permodalan PIP yang ramah bagi koperasi.

“Dengan agenda tahunan ini kita berharap koperasi Sulsel makin maju, sekaligus momentum evaluasi gerakan koperasi  berkembang sesuai dengan tuntutan jaman era digitalisasi menjadi koperasi yang modern,” tambahnya.

Sementara itu, ketua panitia daerah Harkopnas Sulsel Kabupaten Bone, Andi Aswar Yusuf mengatakan, pihaknya siap menyambut gerakan koperasi dan siap menghelat kegiatan tahunan Gerakan koperasi.

Kegiatan Harkopnas melalui sinergi Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kab. Bone, bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel, dan pemerintah kabupaten/ kota se-Sulsel dan seluruh insan Koperasi Sulsel.

Dikatakannya, sejumlah acara siap digelar yaitu Expo dan Bazar UMKM, 30 November sampai dengan 3 Desember 2023, Lomba lagu mars koperasi dan Workshop Perkoperasian pada tanggal 1 Desember 2023, jalan santai dan upacara puncak Harkopnas tanggal 2 Desember 2023 dan acara malam ramah tamah di malam harinya.

Pelaksanaan Peringatan Puncak Hari Koperasi ke-76 tahun 2023 Tingkat Provinsi Sulsel ini akan dipusatkan di lapangan Merdeka Kabupaten Bone.(rls)