Poltekbang Makassar Dirikan Posko Nataru di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin

Poltekbang Makassar Dirikan Posko Nataru di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar sebagai instansi dibawah naungan Kementerian Perhubungan, melaksanakan dan dirikan Posko Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Posko tersebut, dilaksanakan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, mulai 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Posko tersebut turut dipantau oleh Direktur Politeknik Penerbangan Makassar, Saptandri Widiyanto, SH, DESS, DESM.

Bacaan Lainnya
 

Kegiatan Posko ini, melibatkan Pegawai, Tim Medis, Pengasuh dan Taruna/i Poltekbang Makassar yang bertugas di Kawasan Kedatangan Penumpang Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, tiap pukul 08.00-16.00 WITA. 

Kabag Keuangan, Umum dan Kerja Sama Politeknik Penerbangan Makassar, Syahrir Rasyid mengatakan, Poltekbang Makassar berpartisipasi dalam Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru untuk mensinergikan dan mengkolaborasikan tugas yang ada di lingkungan Kemenhub, juga dari stakeholder lain.

Seperti kata Syahrir dari unsur TNI, Polri, operator transportasi dan unsur terkait lainnya. Serta melayani masyarakat yang akan melaksanakan mudik. 

“Tidak hanya saat perayaan Natal dan Tahun Baru, Politeknik Penerbangan Makassar juga ikut berpartisipasi dalam Posko menjelang Hari Raya Idul Fitri, ” ucap Syahrir, Rabu (27/12/2023).

Dimana dalam event tersebut lanjut Syahrir, terjadi lonjakan penumpang yang signifikan di kawasan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Sehingga, Posko Terpadu Angkutan Udara Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan.

Diantaranya memantau trafik pergerakan angkutan udara (pesawat, penumpang dan kargo), memantau operasional keselamatan penerbangan dan keamanan bandara serta kawasan bandara. Juga untuk mengawasi pergerakan masyarakat di titik-titik krusial. 

Adapun pantauan realisasi trafik di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar, adalah sejumlah 27.455 untuk total pergerakan penumpang dan 225 untuk total pergerakan pesawat dan 169.909 kg untuk pergerakan kargo per tanggal 26 Desember 2023. 

“Angka ini naik sekitar 4-5% untuk pergerakan penumpang dan pesawat dibandingkan tahun lalu,” sebut Syahrir Rasid.

Dengan adanya Posko Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, diharapkan dapat membantu petugas bandara dalam melayani masyarakat dalam hal ini penumpang. Agar tetap merasa nyaman ditengah-tengah lonjakan arus mudik yang sedang terjadi. (Jay)