Polda Sulsel Musnahkan Narkotika Senilai Rp 4,4 M Lebih 

Polda Sulsel Musnahkan Narkotika Senilai Rp 4,4 M Lebih 

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulsel, musnahkan sejumlah barang bukti jenis narkotika dengan cara dibakar dimesin inseminator di halaman Mapolda Sulsel, Kamis (28/12/2023) .

Adapun barang bukti narkotika yang dimusnahkan itu, berupa 4 Kg sabu dan 10 Kg Ganja. Barang haram ini, merupakan hasil pengungkapan Polda Sulsel selama tahun 2023.

Bacaan Lainnya
 

Dari barang bukti yang dimusnahkan itu, pengungkapan terdiri dari 2.217 kasus. Jumlah tersangka sebanyak 3.153 orang. Diantaranya lelaki sebanyak 2.964 orang dan perempuan 189 orang.

Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Sulsel, Kombes Pol Darmawan Affandy mengatakan, dari total barang bukti yang dimusnahkan itu dapat menyelamatkan 42.316

jiwa dari bahaya narkoba.

“Sementara dari total barang bukti yang dimusnahkan itu, senilai Rp 4.450.700.000, ” ucap Darmawan Affandy di sela-sela pemusnahan barang bukti Narkotika, di halaman Mapolda Sulsel, Kamis (28/12/2023).

Darmawan menyebut, dari para tersangka pihaknya juga menyita uang dan lima unit mobil. Uang dan mobil itu diduga merupakan hasil Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

“Kemudian tindak pidana pencucian uang. Ada lima unit mobil dan motor itu, hasil pengembangan tindak pidana narkotika di Bone yang dilakukan anggota, ” sebut Darmawan.

Perwira Polri tiga bunga ini menyampaikan bahwa saat pelacakan aset-aset milik tersangka, ada juga satu rumah, enam mobil kemudian motor dan uang Rp 156 juta.

“Itu yang akan kami kenakan undang-undang TPPU. Apalagi memang perintah dari Kapolri seluruh bandar kalau bisa dimiskinkan, ” beber Darmawan.(Jay)