Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel Sambangi UIN Alauddin, Rektor: Ini Bukan Kunjungan Kaleng-Kaleng

Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel Sambangi UIN Alauddin, Rektor: Ini Bukan Kunjungan Kaleng-Kaleng

Makassar, Upeks–Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi didampingi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, melakukan kunjungan ke Kampus UIN Alauddin Makassar, di Samata, Kabupaten Gowa, Rabu, 27 Desember 2023.

Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis menyambut hangat kedatangan ketiga pejabat penting Sulsel ini di UIN Alauddin yang berjuluk Kampus Peradaban.

Bacaan Lainnya
 

“Ini kunjungan ketiga Bapak Bahtiar Baharuddin di UIN Alauddin, dan sebuah kehormatan karena UIN Alauddin menjadi kampus pertama yang dikunjungi Bapak Kapolda baru kita Irjen Pol Andi Rian Djajadi,” ujar Prof Hamdan.

Ditemui di ruangannya seusai acara, Prof Hamdan menyebut ini bukan kunjungan kaleng-kaleng, sebab ketiga pejabat yang hadir merupakan putra asli daerah Sulsel dengan kiprah terbaiknya.

“Saya selalu mengatakan bahwa jangan menjadi orang yang hanya jago kandang, dan tidaklah benar jika orang Sulsel hanya jago kandang, ini dibuktikan oleh bapak Kapolda yang merupakan putra daerah Sulsel namun telah mela’lang buana menghadapi berbagai tantangan di berbagai tempat,” pungkas Guru Besar Sosiologi UIN Alauddin tersebut.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Dr Bahtiar Baharuddin menyampaikan, ia hadir untuk mendampingi Kapolda yang baru untuk memperkenalkan diri sebagai bentuk budaya Sipakaraja, yaitu sebuah sikap memperlakukan seseorang dengan penuh hormat, serta sipakalebbi yaitu sikap saling memuliakan atau menghargai.

“Sebuah kehormatan, beliau selain sebagai seorang jenderal polisi, beliau adalah putra daerah Sulsel. Jadi kita harus jaga beliau, ini kebanggaan, sekaligus amanah yang tidak mudah bagi beliau,” kata Bahtiar.

Dr Bahtiar juga menekankan pentingnya peran UIN Alauddin Makassar sebagai perguruan tinggi Islam dalam mendukung terwujudnya ketertiban, kemanan dan kemajuan masyarakat. Beliau juga mengajak para dosen dan mahasiswa untuk aktif berkontribusi dalam memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Dukungan masyarakat dan perguruan tinggi termasuk UIN Alauddin untuk menjaga situasi, ketertiban umum dan kenyamanan sangatlah penting dan tidak boleh dipandang sebelah mata,” tandasnya.

Sementara itu, Irjen Pol Andi Rian Djajadi menyampaikan harapannya untuk kemajuan Sulsel dan siap memberikan kontribusi maksimal bagi tanah kelahirannya.

“Saya meminta dukungan agar seperti yang diharapkan Bapak PJ Gubernur bisa menciptakan manusia dengan SDM berkualitas, dan kampus UIN Alauddin kita harapkan menjadi salah satu center of excellence itu,” ujar Kapolda. (rls)