Pdt Yakub Buke: Wujudkan Kebersamaan Tanggungjawab Umat Kristiani

Pdt Yakub Buke: Wujudkan Kebersamaan Tanggungjawab Umat Kristiani

KOLAKA,UPEKS.co.id— Pendeta (Pdt) Yakub Buke,S.Th dalam khotbahnya terambil dari Firman Tuhan Lukas 2:14, mengungkapkan bahwa, salah satu tugas dan tanggungjawab umat Kristiani adalah mewujudkan kebersamaan dalam kemajemukan di Bumi Mekongga yang kita cintai.

Hal itu diungkapkan Yakub dalam acara perayaan Natal bersama Pemda Kolaka Sultra bersama masyarakat dilaksanakan di salah satu hotel, Selasa (26/12/223) malam. 

Bacaan Lainnya
 

Lanjutnya bahwa, dalam perayaan Natal bersama tahun 2023 dengan tema” Kemuliaan bagi Allah dan damai sejahtera di bumi” dan subtema dengan hikmah Natal kita wujudkan kebersamaan dalam kemajemukan menuju kehidupan masyarakat Kabupaten Kolaka yang semakin maju berkeadilan dan sejahtera. Dikatakannya umat Kristiani dalam kemajemukan di daerah dituntut untuk berperan mengambil andil bagian dalam memajukan daerah ini. Dan untuk mencapai hal ini tentunya membutuhkan proses dalam kehidupan kita sepanjang waktu. 

“Damai sejahtera harus berkesinambungan, supaya bisa membawah damai maka hal yang pertama adalah berdamai dengan diri sendiri lebih dulu, dalam diri seseorang ada potensi baik dalam pendidikan maupun religi,” ungkapnya.

Dikatakannya bahwa tugas dan tanggung jawab anak-anak Tuhan membawa damai, sebagai modal dalam menciptakan subtema, dalam mempraktekkan kasih Allah. Dalam menghadapi situasi politik saat ini, kata Yakub jangan karena bedah pilihan mengakibatkan adanya gesekan, tetapi hendaknya perbedaan pilihan menjadi proses dalam kedewasaan dalam mewujudkan kebersamaan dan kemajemukan. 

Sementara Ketua Panitia, Harun Masirri dalam laporannya menyampaikan perayaan Natal bersama tahun 2023 tetap dilaksanakan tidak terlepas dari peranan Pemda Kolaka dibawa kepemimpinan SMS Berjaya dalam memberikan anggaran sehingga perayaan Natal bersama tetap terlaksana.

“Kami mengucap syukur dan apresiasi kepada kepemimpinan SMS Berjaya Bapak H Ahmad Safei dan Bapak H Muh Jayadin selaku Bupati dan Wakil Bupati Kolaka turut berperan setiap perayaan Natal bersama memberikan anggaran dari APBD Kolaka,” ungkap Harun. 

Kedepan Harun berharap ditahun berikutnya peranan Pemda Kolaka tetap berperan berkesinambungan dalam perayaan Natal bersama.

“Kedepan kita berharap Pemda Kolaka tetap berperan dalam mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan perayaan Natal bersama,” pungkasnya.

Perayaan Natal bersama turut pula dimeriahkan paduan suara dari denominasi gereja, dan tarian-tarian dipersembahkan oleh anak-anak Papua dan NTT sementara kuliah di Universitas Sembilanbelas Nopember.

Selain itu perayaan Natal ini juga dirangkaikan dengan pemberian bingkisan Natal kepada 80 orang daripada berbagai denominasi gereja. Dihadiri Plt Bupati Kolaka H Muh Jayadin, mantan Bupati Kolaka H Ahmad Safei, penjabat Sekda Kolaka H Muh Bakri, anggota DPRD Sultra Farhana Mallawangan, anggota DPRD Kolaka Dokter Hakim Nur Mampa, Kadis Perhubungan Kolaka Marzukat, BUMN/BUMD, Kemenag Kolaka, dan Ketua FKUB H Akring Johar, para pendeta dan warga jemaat dari denominasi gereja. (pil)