Matangkan Persiapan HAB Kemenag 78 Tingkat Provinsi, Panitia Rakor dengan Bupati Pangkep

Matangkan Persiapan HAB Kemenag 78 Tingkat Provinsi, Panitia Rakor dengan Bupati Pangkep

Pangkep, Upeks–Kepala Kantor Kementerian Agama (Agama) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Nur Halik selaku tuan rumah pelaksanaan rangakaian kegiatan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 78 Tingkat Provinsi melaporkan telah menyiapkan masing-masing 7 rumah penduduk sebagai Pemondokan bagi kontingen dari tiap-tiap kabupaten / kota se Sulsel.

Hal tersebut disampaikan Nur Halik pada Rapat koordinasi persiapan pelaksanaan HAB tingkat provinsi Sulawesi Selatan yang digelar di rumah jabatan Bupat Pangkep, Jumat 1 Desember 2023.

Bacaan Lainnya
 

Pada rapat ini juga disepakati seluruh rangkaian kegiatan HAB tingkat provinsi, yakni Porseni, Expo dan Jalan Kerukunan akan dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 10 Januari 2023.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Bupati dan Pemda Kab. Pangkep atas kesediaan dan kesiapannya menjadi tuan rumah pelaksanaan HAB 78 Kemenag tingkat Provinsi.

“Terima kasih atas respon dan supportnya pak bupati, semoga menjadi ladang keberkahan dan kesuksesan bagi kabupaten Pangkep,” ucap Khaeroni.

Gelaran HAB ini, sebut Khaeroni bukan merupakan kegiatan hura-hura, tapi dibalik itu akan tercermin kolaborasi dan sinergi antara Kemenag dengan Pemda serta stakeholder lain dalam berbagai program. “Dan hal tersebut bisa dilihat pada Expo yang akan kita gelar,” sambungnya.

Menanggapi ditunjuknya Pangkep selaku tuan rumah, Bupati Muhammad Yusran Lalogau (MYL) yang juga hadir pada Rakor ini menyatakan kesiapan daerahnya menjadi tuan rumah, dan berjanji akan berupaya semaksimal mungkin mensukseskan hajatan besar tahunan seluruh Warga Kementerian Agama ini, khususnya di Sulsel.

“Kami sudah mengadakan rapat lebih awal, mulai dari pejabat Pemerintah Daerah sampai dengan Camat untuk persiapan kegiatan ini. Kami akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik untuk tamu dari 23 kab/kota yang ada di sulsel,” tutur MYL

Pemerintah Kab. Pangkep, lanjut MYL berkomitmen membangun kehidupan keberagamaan di masyarakat dengan membangun sinergi dan kolaborasi dengan Kemenag , termasuk supporting anggaran.

“Selama ini Pemda dan masyarakat pangkep sudah merasakan sinergi positif dengan Kementerian Agama, semoga ini bisa berlanjut terus menerus dan semakin baik,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwill Kemenag Sulsel, Wahyuddin Hakim selaku Ketua Panitia HAB Tingkat Provinsi ke-78 tahun 2024 menyampaikan bahwa yang menjadi pembeda pada HAB kali ini adalah selain Porseni yang diisi dengan sejumlah pertandingan olah raga dan lomba seni, juga digelar Expo.

“Gelaran expo ini sifatnya wajib pada HAB 78, sehingga diharpkan seluruh kabupaten / kota ikut berpartisipasi,” ujar Wahyuddin.

Menutup laporannya, Wahyuddin Hakim mengatakan bahwa tenda untuk mendukung pelaksanaan expo ini akan disiapkan oleh Bupati Pangkep dan akan dipasang di alun-alun Kota Pangkep sebagai tempat digelarnya expo tersebut.

Rakor yang berlangsung dalam suasana santai ini turut dihadiri para Kepala Bidang dan Pembimas lingkup Kanwil Kemenag Sulsel. Hadir pula seluruh Kepala Kantor Kemenag kabupaten / kota se Sulsel, serta Ketua Harian PHDI Sulsel Gwde Durahman. (rls)