Ketua DPRD Berharap Tiga Nama Yang Diusulkan Sebagai Pj Bupati Kolaka Dapat Diakomodir Mendagri

Ketua DPRD Berharap Tiga Nama Yang Diusulkan Sebagai Pj Bupati Kolaka Dapat Diakomodir Mendagri

KOLAKA, UPEKS.co.id — Ketua DPRD Kolaka Sultra H Syaifullah Halik berharap tiga nama yang diusulkan untuk menjadi Pejabat(Pj) Bupati Kolaka mulai Januari 2024 mendatang dapat diakomodir oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Dalam Negeri Republik Indonesa(Mendagri). “Pada prinsipnya sangat berharap kepada Mendagri agar tiga nama yang kami usulkan untuk menjadi Pejabat Bupati Kolaka dapat diakomodir,”harap Syaifullah politisi Partai Gerindra.
Syaifullah menjelaskan bahwa penjaringan sejumlah nama untuk menjadi Pj Bupati Kolaka dimulai dari tingkat fraksi di DPRD Kolaka, yang selanjutnya dibahas bersama oleh unsur pimpinan dan fraksi. Hasil pembahasan tersebut sehingga mengerucut tiga nama, yaitu Nuriksan kini tercatat sebagai Rektor Universitas Sembilanbelas Nopember Kolaka, La Ode Haruna masih menjabat sebagai Kepala Dinas Perkebunan Sultra, dan Parinringi juga pernah menjabat sebagai Pj Bupati Kolaka Utara, mantan Wakil Bupati Konawe dan mantan Aparatur Sipil Negara(ASN).
Menurut Syaifullah bahwa ketiga nama calon Pj Bupati Kolaka bilamana dilihat dari segi rekam jejak masing-masing sangat memadai dan sudah berpengalaman, memiliki kemampuan di birokrasi maupun di kampus.
“Tiga nama yang digodok melalui penjaringan di DPRD Kolaka dari segi pengalaman dan kemampuan dibirokrasi sudah tidak diragukan lagi,”ujar Syaifullah.
Meski demikian kata Syaifullah untuk menggolkan tiga nama untuk menjadi Pj Bupati Kolaka begitu besar perjuangannya, karena selain itu Pemprov Sultra juga mengusulkan tiga nama, bahkan di Mendagri juga menggosok tiga nama untuk menjadi Pj Bupati Kolaka.
“Jadi nantinya ada sembilan nama yang akan digodok di Mendagri untuk bisa keluar satu nama menjadi Pj Bupati Kolaka, tetapi sekali lagi kami tegaskan, meskipun bukan kami yang menentukan tapi sekiranya tiga nama yang kami usulkan menjadi pertimbangan agar dapat diakomodir oleh Mendagri,”harap Syaifullah kepada media ini saat dikonfirmasi melalui selularnya pada(6/12/2023).(pil)