Ketua Dewan Hadat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo Hadiri Appasili Balla’ Labbirina Ujung Pandang di Kawasan Benteng Somba Opu

Ketua Dewan Hadat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo Hadiri Appasili Balla' Labbirina Ujung Pandang di Kawasan Benteng Somba Opu

Makassar, Upeks– Ketua Dewan Hadat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo H.Ilyas Ali Arief Daeng Mallawa Krg Pasi’ menghadiri proses masuk rumah atau Antama Balla oleh Dinas Kebudayaan Kota Makassar, di Kawasan Taman Budaya Benteng Somba Opu Gowa Sulsel, Kamis 21 Desember 2023.

Kegiatan adat ini dinamai Appasili Balla’ Labbirina Ujung Pandang yang dikelola Pemerintah Kota  Makassar yang dihadiri langsung Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Dr Bahtiar Baharuddin, M.Si, Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar, Ir Muhammad Ansar, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar Ir. HJ. Andi Herfida Attas, serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Bacaan Lainnya
 

Peresmian atau masuk rumah ini diawali dengan pembacaan doa dipimpin langsung lembaga adat setempat.

Berbagai macam makanan dan penganan tradisional disajikan sebagai bentuk tradisi seperti songkolo, beras ketan, pisang, air putih, umba-umba yang telah disiapkan oleh pemilik rumah.

Sekkot Makassar M Ansar mewakili Walikota Moh Ramdhan Pomanto mengapresiasi Dinas Kebudayaan Kota Makassar dibawah kepemimpinan Andi Herfida Attas berhasil mendatangkan Gubernur Sulsel.

Selain itu, Sekkot juga memuji langkah dari disbud melakukan revitalisasi terhadap Rumah Adat Ujung Pandang setelah lama tidak digunakan.

“Dari semua kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, Makassar mendahului. Janji pak Gubernur akan mengundang kepala daerah di Sulsel di tempat ini (Kawasan Benteng Somba Opu), bisa tergugah memperbaiki semua,” ungkap sekkot.

 

Gubernur Sulsel Dr Bahtiar Baharuddin saat memberi sambutan, mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkot Makassar dalam hal ini Dinas Kebudayaan Makassar.

“Hari ini yang melakukan aktivitas hanya Kota Makassar dari 24 kabupaten/kota.Tepuk Tangan Untuk Makassar,” ujarnya disambut aplaus.

Dengan kegiatan yang dilakukan Pemkot Makassar, Kedepannya, kata gubernur, akan membuat surat edaran atau himbauan kepada pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan hal serupa.

“Paling tidak datang lihat-lihat dulu. Kita jadwalkan pertemuan bupati/walikota disini,” tandasnya.

Sebagai tindak lanjut dari revitalisasi Pemkot Makassar, pada 2024 mendatang akan mengucurkan dana Rp 3 miliar untuk membangun sejumlah infrastruktur di Kawasan Benteng Somba Opu. Termasuk bantuan bibit Sukun dan Nangka serta pengadaan sumur bor.Ketua Dewan Hadat Tinggi Lembaga Kerajaan Tallo Hadiri Appasili Balla' Labbirina Ujung Pandang di Kawasan Benteng Somba Opu

Sementara Dr Mukhlis Paeni, salah satu Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Kemendikbud, menilai revitalisasi oleh Pemerintah Kota Makassar adalah suatu bentuk kepedulian.

“Pemerintah Kota Makassar mempunyai kepedulian terhadap kegiatan kebudayaan di Kawasan Somba Opu. Dan itu sudah disambut dengan baik oleh Pemerintah Provinsi Sulsel,” terangnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan Andi Herfida Attas, mengungkapkan revitalisasi yang dilakukan rumah Adat Ujung Pandang dengan membenahi bagian rumah yang mengalami kerusakan. 

“Kami juga membangun baruga yang sebelumnya kandang ayam. Semua sudah dibenahi termasuk toiletnya sudah diperbaiki,” ujarnya.

Dengan selesainya perbaikan, kata kadis, rencananya akan dibuat berbagai kegiatan. Termasuk mempertimbangkan kegiatan Dinas Kebudayaan yang selama ini diselenggarakan di hotel akan dilakukan di rumah Adat Ujung Pandang ini. (*)