Hasil Survei Polinet, Prabowo-Gibran Menang Telak di Sulsel

Hasil Survei Polinet, Prabowo-Gibran Menang Telak di Sulsel


MAKASSAR,UPEKS.co.id— Public Policy Network (Polinet) menggelar Rilis Survei temuan dan analisis survei Public Policy Network (Polinet) Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 di Sulawesi Selatan, di Ruang Lamuru Hotel Maxone, Rabu, 06 Desember 2023.

Direktur Eksekutif Polinet, Rizal Pauzi, membeberkan temuannya yang begitu dinamis terhadap dinamika politik di tanah air. Hasil temuan tersebut membuat semakin menarik dan memiliki tantangan tersendiri para kandidat.

Bacaan Lainnya

Rizal melanjutkan, berdasarkan temuan sebagian besar masyarakat Sulsel, yakni 79 persen yakin bahwa Presiden Joko Widodo mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

“Kemudian 19 persen mendukung Ganjar-Mahfud MD dan tidak menjawab 5 persen,” terangnya.

Polinet juga melakukan simulasi pasangan tiga calon Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran unggul telak di Sulsel dengan posisi 46.0 persen tingkat keterpilihan, kemudian disusul di posisi kedua pasangan Anies Baswedan-Muhaimin diposisi 29.0 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud berada diposisi 19.0 persen, dan tidak menjawab 6,0 persen.

Sementara, simulasi dua pasangan calon untuk putaran kedua, Prabowo-Gibran mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud. Sementara untuk Anies Baswedan-Muhaimin mengungguli Ganjar Pranowo-Mahfud.

“Pemilih masyarakat Sulsel yakin 20 persen bahwa Pasangan Prabowo-Gibran menang dalam satu putaran. Dimana 15 persen masyarakat yakin dan 5 persen lainnya sangat yakin. Sementara 50 persen menjawab kurang yakin dan 30 persen menjawab tidak tahu atau rahasia,” terang Rizal.

Sementara peta dukungan capres dan cawapres di Sulsel setelah kunjungan masing-masing kandidat mempengaruhi preferensi pilihan masyarakat.

“Namun baru 61,1 persen masyarakat Sulsel mengetahui bahwa kandidat sudah berkunjung ke Makassar,” katanya.

Selain memotret Pilpres 2024, Polinet juga memotret kinerja Kepemimpinan Joko Widodo – Maaruf Amin. Menurut datanya, kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf, memiliki kinerja yang baik yakni 53,5persen yang meliputi 5 persen yang menganggap sangat baik dan hanya 5 persen yang menganggap buruk. Sisanya menganggap cukup baik 10,5 persen, kurang baik 20 persen dan tidak jawab 6 persen

Sementara untuk figur Gubernur Sulsel.

Rizal menuturkan bahwa figur yang dianggap layak memimpin Sulawesi Selatan yakni Andi Sudirman Sulaiman yakni 27 persen, Adnan Purichta Ichsan yakni 24 persen, Indah Putri Indriani 7 persen dan selebihnya di bawah 6 persen.

“Partai Golkar masih unggul di Sulsel yakni memiliki keterpilihan 20 persen, disusul Gerindra 18,5 persen, partai Nasdem 15,5 persen, selanjutnya PKS  7 persen dan partai lainnya dibawah 7 persen,” tambahnya.

Terkait masalah di Sulawesi Selatan yang dianggap penting seusai urutan pilihan publik untuk ditangani, yakni lapangan pekerjaan yakni sebesar 57,7 persen, masalah listrik 45,1 persen, kemudian harga bahan pokok 40,8 persen, korupsi 25,4 persen.

“Terdapat 75 persen masyarakat Sulsel menyatakan komitmennya untuk memberikan hak suara pada pemilu 2024, 20 persen menyampaikan tidak akan memilih dan 5 persen tidak menjawab,” tandasnya.

Tim Polinet melakukan survei mulai tanggal 21-29 November 2023 pengumpulan data di lapangan, lalu kemudian dilakukan analisis data, hingga kegiatan rilis survei. (ris)