Hari Jadi Bantaeng ke-769, Pj. Bupati Dorong Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Tanam Pisang

Hari Jadi Bantaeng ke-769, Pj. Bupati Dorong Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Tanam Pisang

BANTAENG,UPEKS.co.id— Kabupaten Bantaeng di akhir tahun 2023 ini memasuki usia yang ke-769tahun. Puncak Peringatan Hari Jadi Bantaeng tahun ini dilaksanakan melalui Sidang Paripurna Istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah Ahmad di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Bantaeng, Kamis (7/12).

Mengusung tema “Bersama Tingkatkan Produktifitas dan Kolaborasi Dalam Mewujudkan Bantaeng Terbaik”, HJB kali ini dilaksanakan dalam suasana kekeluargaan yang hangat dan sederhana.

Bacaan Lainnya

Puncak Peringatan HJB dihadiri oleh Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Pj. Ketua TP. PKK Sulsel Shofa Marwah Bahtiar, Pj. Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, Pj. Ketua TP PKK Bantaeng Andi Raodhawati, Bupati Bulukumba A. Muchtar, Anggota DPRD Sulsel Sugiarti Mangun Karim, para unsur Forkopimda, para pimpinan OPD Sulsel, pimpinan OPD Kabupaten Bantaeng dan para anggota DPRD Kabupaten Bantaeng.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Bantaeng, Andi Abubakar mengatakan bahwa peringatan Hari Jadi Bantaeng yang setiap tahun dirayakan oleh segenap masyarakat dengan penuh kegembiraan dalam mewujudkan Kabupaten terbaik bukan hanya di Sulawesi selatan tetapi secara Nasional. 

“Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Bantaeng telah mencapai kategori baik, mendapatkan banyak juara dan banyak sekali prestasi, hal ini perlu kita tingkatkan dan harus dilakukan secara bersama-sama, berkolaborasi dengan seluruh komponen. kami yakin dan percaya bahwa siklus ini tidak pernah lepas dari dorongan kita semua dan Pemerintah Kabupaten Bantaeng, dan hari ini akan dilakukan penanaman pohon pisang di masing-masing delapan kecamatan yang tersebar di Bantaeng yaitu Pisang Cavendish yang saat ini merupakan komoditas buah tropis yang sangat populer di kalangan masyarakat”, ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin menghaturkan apresiasi kepada seluruh Stakeholder, elemen masyarakat, dan seluruh jajaran Lingkup Kab. Bantaeng yang telah bekerja keras membangun dan memberikan dedikasinya yang tak ternilai dalam membangun Bantaeng yang lebih baik. Tidak hanya itu, Pj. Gubernur Sulsel mengklaim program budi daya pisang yang dicetusnya sebanyak 1 Milyar Pohon Pisang untuk disebar luaskan di Sulawesi Selatan Khususnya di Kabupaten Bantaeng.

“Hari ini kami ikut bergemberia merayakan Hari Jadi Bantaeng di usia yang sangat tua kurang lebih 5 generasi, sudah bisa dibayangkan dalam 5 generasi itu ada suka dan duka yang dilewati bersama. Kenangan masa lalu biar lah menjadi sejarah tetapi kita hidup hari ini tidak boleh menoleh dengan masa lalu, hari ini Bantaeng sudah menjadi bagian yang integral dari negara serta Indonesia”.

PJ. Gubernur Sulsel juga mengungkapkan bahwa Momen HJB ini dinilai sebagai salah satu langkah untuk lebih berkolaborasi dan saling bahu membahu mewujudkan Kabupaten Bantaeng menjadi Daerah yang terbaik dan dibanggakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Ia juga membahas terkait program prioritas Provinsi Sulsel yaitu Gerakan Gemar Menanam Pisang. Terkait program tersebut, Pemprov Sulsel menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membangun ekosistem bisnis budidaya pisang.

“Hari ini kita akan meninjau lokasi penanaman bibit pisang cavendish yang tidak hanya sekedar ditanam tetapi juga akan menghijaukan daerah ini karena produksi pisang adalah nomor satu didunia” ungkapnya

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian kerjasama sebagai Tindak lanjut dari MoU Pembangunan Pengoperasian dan Penyerahan pelabuhan antara PT.Bantaeng Sinergi Cemerlang (Perseroda) dengan PT. Sarana Pembangunan Sulawesi serta Penandatangan MoU antara Bank BRI dan Pemkab Bantaeng terkait Kerja sama KUR atau Kredit Usaha Rakyat disaksikan langsung oleh Penjabat (PJ) Provinsi Sulawesi Selatan didampingi PJ Bupati Bantaeng dan Ketua DPRD Bantaeng.(Irwan Patra)