Bupati Basli Ali harapkan APIP Jadi Navigasi Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Bupati Basli Ali harapkan APIP Jadi Navigasi Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Selayar, Upeks.co.id – Komitmen wujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan peran dan fungsi aparat pengawas internal, Inspektorat Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) Tahun 2023 di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (19/12/2023)

Mengusung Tema APIP sebagai “Early Warning System, Navigasi Aman Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Baik”, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, hadir Wakil Bupati Saiful Arif, Forkopimda, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sulsel diwakili Korwas Bidang APD dan P3A, Pimpinan OPD, Kades/Lurah serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya
 

Bupati Basli Ali pada arahannya mengatakan bahwa APIP mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu pemerintah daerah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peringatan dini.

“APIP berfungsi sebagai mata dan telinga yang peka mengindentifikasi dan mendeteksi potensi resiko dalam masalah pengelolaan keuangan” Ucapnya

Oleh karena itu Bupati menekankan agar APIP melakukan penjaminan kualitas, serta turut berperan aktif dan menjadi bagian dari penyelesaian masalah, tidak sebaliknya sebagai pencari kesalahan.

“APIP harus memberikan jaminan dan layanan konsultasi, memberikan saran kunsultatif, merancang solusi terbaik, bekerjasama dan membantu entitas pemerintah dalam menyelesaikan berbagai masalah penyelenggaraan pemerintahan” Tegasnya

Melalui Gelarwada ini, Bupati juga mengajak seluruh perangkat  Daerah, Desa, dan Sekolah menjadi bagian agar tahun depan dapat lebih dipertajam pada agenda agenda strategis dan isu terkini dalam mengawal penyelenggaraan pemerintahan daerah agar menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Kegiatan Gelarwasda ini juga dirangkaikan Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum Dalam Penanganan Laporan atau pengaduan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Kepolisian Resort Kepulauan Selayar.

Selain itu juga diisi dengan pemberian penganugerahan kepada Perangkat Daerah, Desa, dan Sekolah sebagai Penerima Penghargaan dalam Forum Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2023,

Usai ceremoni pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan paparan materi oleh Korwas Bidang APD dan P3A BPKP Sulsel, dilanjutkan Kepala Kejaksaan Negeri dan Kapolres Kepulauan Selayar. (Sya)