BKKBN Sulbar Studi Kehumasan dan Pengelolaan Medsos di Diskominfo-SP Gowa

BKKBN Sulbar Studi Kehumasan dan Pengelolaan Medsos di Diskominfo-SP Gowa


GOWA,
UPEKS.co.id— Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Barat melakukan Studi Kehumasan dan Pengelolaan Media Sosial di Dinas Komunikasi Informatika Stastistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Gowa, Kamis (28/12/2023).

“Kami dari perwakilan BKKBN Sulawesi Barat bagian KIE advokasi dan kehumasan melakukan studi tiru ke Dinas Kominfo Gowa dalam rangka studi kehumasan,” kata Ketua Tim Pokja Advokasi dan KIE BKKBN Sulbar, Dan Sumarno.

Bacaan Lainnya
 

Dirinya mengaku bahwa pihaknya memilih Kabupaten Gowa sebagai lokasi Karena dianggap pemgelolaan kehumasan termasuk konten-konten yang dibuat oleh Diskominfo Kabupaten Gowa sangat menarik.

“Melalui studi tiru ini kami berharap teman-teman yang ada dalam kelompok kerja KIE advokasi dan kehumasan yang berada di BKKBN Sulbar dapat memperoleh banyak pengetahuan terkait dengan pengelolaan-pengelolaan kehumasan khususnya dalam pembuatan konten-konten media yang lebih menarik yang akan disampaikan ke masyarakat melalui sosial media,” ujarnya.

Dan Sumarno juga mengaku bersyukur bisa datang langsung ke Kabupaten Gowa. Menurutnya dari hasil kunjungan pihaknya memperoleh banyak informasi yang sangat berharga tentang bagaimana mengelola konten-konten yang lebih menarik dan cepat dimengerti oleh masyarakat. 

“Kami berharap hasil studi ini bisa kami terapkan kami bisa adaptasi, adopsi dan mungkin bisa dimodifikasi supaya bisa mendekati konten-konten yang dibuat oleh teman-teman yang ada di Dinas Kominfo Gowa,” harapnya. 

Sekretaris Dinas Kominfo-SP Kabupaten Gowa, Widiah Restuti Hasan yang menerima rombongan Studi Tiru Perwakilan BKKBN Sulbar menjelaskan bahwa kegiatan kehumasan dan pengelolaan media sosial Humas Gowa berada di Diskominfo-SP pada Bidang Komunikasi Publik. 

“Kegiatan kehumasan ada beberapa yang kita lakukan seperti pelayan dokumentasi pimpinan mulai dari Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah. Selain itu, kita juga memiliki website dan majalah Gowata Magazine untuk penerbitan berita-berita atau rilis,” ujarnya. 

Kemudian dalam pengelolaan media sosial, Humas Kabupaten Gowa aktif di beberapa media sosial, seperti Instagram, Facebook, Youtube dan Tiktok. Widiah menyebutkan semua sosial media di kelola oleh Humas Pemkab Gowa sendiri. 

Selain itu, konten-konten yang ada di Media Sosiol Humas Gowa sudah sudah terjadawal setiap hari melalui perencanaan bulanan. Ada beberapa konten unggulan Media Sosial Humas Gowa, yaitu UMKM Gowa Bangkit, Edukasi Literasi Digital dan Promosi Pariwisata.

“UMKM Gowa bangkit ini kita mempromosikan produk-produk UMKM Kabupaten Gowa secara gratis. Pelaku UMKM kirim produk, baru kami bantu fotokan dan posting di Instagram. Untuk promosi wisata, kami ada konten Ayo Ke Gowa, yaitu promosi terkait tempat-tempat wisata di Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Selain itu, Widiah juga menyebutkan Bidang Komunikasi Publik Diskominfo-SP Kanupaten Gowa juga mengelola Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Rewako FM. (sofyan)