Dukung Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia Timur,

 Allianz Syariah Bagikan Asuransi Syariah Gratis

 Allianz Syariah Bagikan Asuransi Syariah Gratis

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Indeks literasi keuangan di Kota Makassar masih terbilang rendah, yakni 36,88 persen. Pencapaian itu masih jauh di bawah rata-rata indeks literasi secara nasional sebesar 49,66%.

Untuk itu, Allianz Syariah turut berkontribusi dalam usaha pemerataaan literasi dan inklusi keuangan di Kota Makassar. Lewat kegiatan roadshow yang dilaksanakan di Kota Makasar, Allianz Syariah turut berkontribusi dalam meningkatkan literasi serta pemerataan akses asuransi.

Bacaan Lainnya
 

Salah satu kegiatannya, melanjutkan Program Pencanangan Gerakan Mengasuransikan 10.000 Masyarakat Indonesia. Dimana Allianz syariah menyediakan perlindungan asuransi jiwa syariah secara gratis untuk masyarakat di Kota Makassar. Penyerahan secara seremonial dilakukan di Kota Makassar, pada Senin, 18 Desember 2023 lalu.

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia Achmad K. Permana, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/12/2023), mengatakan, Kota Makassar dikenal sebagai salah satu daerah yang memainkan peran dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Itu terlihat dari tingginya tingkat inklusi keuangan sebesar 88,57% berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK.

Namun demikian, kata Permana, indeks literasi keuangan di Kota Makassar masih perlu dioptimalkan yaitu 36,88%, di bawah rata-rata indeks literasi secara nasional sebesar 49,66%.

Menurutnya, Kota Makassar dan Sulsel pada umumnya memiliki peluang literasi tumbuh pesat. Indikatornya, jumlah penduduk muslim di Sulawesi Selatan sebanyak 8 juta penduduk dan Kota Makassar lebih dari 1 juta penduduk muslim. Itupun disertai perkembangan adopsi gaya hidup halal sesuai dengan prinsip syariah.

“Oleh sebab itu, Sulawesi Selatan didorong sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia Timur,” jelas Permana.

Dia mengemukakan, Allianz Syariah percaya potensi dan kekuatan masyarakat Kota Makasar akan menjadi faktor pendukung utama dalam mensukseskan program pemerintah. Utamanya terkait penguatan ekosistem syariah di Makassar melalui implementasi “halal lifestyle”.

“Itu bisa diterapkan pada segala aspek kehidupan masyarakat, termasuk di dalamnya pertumbuhan kebutuhan asuransi syariah,” terangnya.

Permana menambahkan, Allianz Syariah hadir berlandaskan semangat berbagi kebaikan yang menguatkan. Menyediakan akses perlindungan kelas dunia yang mencerminkan nilai-nilai yang dianut, yakni Universal, Trustworthy, Security, Fairness, dan Collaborative dengan nilai kebaikan tolong menolong yang terkandung di dalamnya.

Gerakan ini juga dilandaskan dengan tujuan mendasar Allianz Indonesia “to insure more people”. Jumlah pihak yang diasuransikan oleh Allianz Syariah di Makassar sudah sebanyak 6 ribu orang, dan untuk di Sulawesi Selatan sebanyak 9 ribu orang.

“Jumlah tersebut menandakan kepercayaan masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan terhadap perlindungan kelas dunia yang disediakan oleh Allianz Syariah sebagai proteksi masa depan mereka,” jelasnya.

Direktur Layanan Manajemen Strategis dan Koordinasi Regional OJK Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Bondan Kusuma, mengapresiasi upaya Allianz Syariah dalam rangka peningkatan angka literasi dan inklusi di Sulawesi Selatan.

Menurutnya, target pemerintah terkait inklusi keuangan pada 2024 adalah 90 persen. Melalui upaya ini, Bondan juga menyampaikan harapan OJK agar seluruh pelaku industri keuangan, yang di dalamnya termasuk Allianz Syariah, dapat memberikan dampak pada peningkatan produktivitas ekonomi masyarakat.

“Kebutuhan masyarakat dalam menggunakan produk jasa keuangan semakin beragam dan hal ini mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di daerah,” tambahnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, KH. Najmuddin H. Abd. Safa juga menyampaikan bahwa saat ini masyarakat masih banyak yang mengalami keraguan dengan penggunaan asuransi. Khususnya keraguan masyarakat terkait penggunaan asuransi yang tidak sesuai dengan prinsip keagamaan.

“Kami dari Majelis Ulama Indonesia sangat mengharapkan agar Allianz Syariah ke depannya terus berkembang dan maju. Juga membantu masyarakat melek terhadap asuransi dan tidak ada lagi keraguan,” ucapnya.

Melalui program ini, Allianz Syariah menyediakan produk asuransi jiwa mikro syariah Sekoci Amana secara gratis. (*)