Aliyah Mustika Ilham Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Cegah Stunting

Aliyah Mustika Ilham Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Cegah Stunting

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham terus melakukan sosialisasi Program Percepatan Penurunan stunting di wilayah Sulawesi Selatan tepatnya di gedung LKSA Bahagia Bukit Baruga, Kelurahan Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Rabu (13/12/2023).

Aliyah Mustika Ilham dalam kesempatannya mengatakan angka penderita stunting ini dapat diminimalisir dengan cara mencegah.

Bacaan Lainnya
 

“Stunting ini adalah masalah kita bersama, karena itu peran kita sebagai orang tua khususnya perempuan perlu tahu hal apa saja yang harus dilakukan agar hal ini tidak terjadi,” ujarnya.

Aliyah juga mengingatkan peran penting ibu dalam menjaga pola dan asupan gizi bagi dirinya sendiri agar tidak melahirkan generasi stunting baru.

“Stunting kan perlu diukur sehingga diketahui pasti apakah anak tersebut mengalami kondisi itu. Sehingga menjadi ibu, bukan hanya soal makanan yang harus diketahui tetapi juga kondisi tumbuh kembang seorang anak,” katanya.

Lebih lanjut, Aliyah menjelaskan beberapa potensi penyebab anak dikategorikan stunting. Seperti, kondisi ibu saat hamil tidak mendapatkan gizi sesuai hingga kelahiran anak yang tidak normal dapat mempengaruhi timbulnya stunting baru.

Selain itu, kondisi ekonomi masyarakat juga bisa menjadi penyebab angka stunting bertambah.

Senada, Perwakilan BKKBN Kota Makassar Bidang P2KB Masrita mengatakan pihaknya akan senantiasa melakukan upaya pencegahan stunting sejak dini.

Masrita juga mengungkapkan adanya dukungan yang diberikan Sang Inspirator Anggota Dewan Komisi IX DPR RI dalam hal ini ibu Aliyah Mustika Ilham dalam menangani stunting.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur dengan kegiatan yang terus dilakukan ibu Aliyah Mustika Ilham dalam mencegah stunting terjadi di daerah kita,” ujarnya.

Masrita pun berharap masyarakat akan paham dan mengerti bagaimana mencegah stunting melalui sosialisasi ini. (Mimi)