Akhir Tahun, Pemda Kolaka Ekspose Satu Dekade Kepemimpinan SMS Berjaya

Akhir Tahun, Pemda Kolaka Ekspose Satu Dekade Kepemimpinan SMS Berjaya

KOLAKA,UPEKS.co.id Jelang akhir tahun, Pemda Kolaka menggelar ramah tama dirangkaikan dengan Ekspose satu dekade kepemimpinan SMS Berjaya (Bupati Kolaka H Ahmad Safei bersama wakilnya H Muh Jayadin) meskipun saat ini Ahmad Safei lebih dulu mundur karena maju sebagai Caleg di DPR RI Pusat, sehingga Jayadin melanjutkan tugasnya sebagai Plt Bupati Kolaka. Ekspose satu dekade SMS Berjaya berlangsung di Alun Alun 19 Nopember Kolaka, Sabtu (30/12/2023) malam. 

Dihadiri Plt Bupati Kolaka Muh Jayadin, mantan Bupati Kolaka Ahmad Safei, Ketua Komisi II DPRD Sultra Farhana Mallawangan, Ketua DPRD Kolaka H Syaifullah Halik, jajaran Forkopimda, Penjabat Sekda Kolaka H Muh Bakri, anggota dewan, jajaran Kepala SKPD lingkup Pemda Kolaka, jajaran Manager BUMN/BUMD, mantan Plt Bupati Kolaka H Amir Sahaka, Ketua Lembaga Adat Mekongga dan undangan. 

Bacaan Lainnya

Acara ini juga disemarakkan dengan pertandingan Molulo untuk melestarikan nilai-nilai budaya Mekongga, Doorprize dan berbagai kuliner UMKM Kepala lala. Selain itu dalam rangkaian acara tersebut Plt Bupati Kolaka Muh Jayadin dan mantan Bupati Kolaka Ahmad Safei sebagai pasangan SMS Berjaya Bupati dan wakil Bupati Kolaka diberikan penghargaan cenderamata berupa jaket bertuliskan SMS dibelakang dan dipakaikan kepada Ahmad Safei yang dilakukan oleh H Amir Sahaka salah seorang tokoh masyarakat juga mantan Plt Bupati Kolaka. Sementara jaket bertuliskan Berjaya belakang jaket yang dipakaikan kepada Jayadin dilakukan oleh Beddu salah seorang tokoh masyarakat Kolaka. 

Sementara Ketua Panitia H Abbas Nuhung juga Asisten II Setda Kolaka dalam laporannya mengungkapkan bahwa ada beberapa indikator keberhasilan kepemimpinan SMS Berjaya selama 10 tahun, yakni dari sisi indikator makro telah berhasil menekan angka pengangguran mengalami penurunan seiring dengan adanya investasi industri masuk di Kolaka. Juga berdampak terhadap tingkat kemiskinan mengalami penurunan. 

Selanjutnya indeks pembangunan juga mengalami peningkatan dengan PDRB perkapita juga mengalami peningkatan signifikan.

Indikator tersebut kata Abbas selama satu dekade kepemimpinan SMS Berjaya telah berhasil mensejajarkan Kabuoaten Kolaka dengan Kabupaten lainnya, meskipun masih ada beberapa pekerjaan tentunya perlu diperbaiki dan dituntaskan.

“Kita berharap Alun-Alun 19 Nopember ini bisa sa dijadikan sebagai tempat pagelaran seni budaya dan pengembangan UMKM wisata kuliner,” pungkas Abbas juga Ketua Kerukunan Bulukumba di Kolaka. (pil)