20 Persen Masyarakat Sulsel Inginkan Pilpres Satu Putaran

20 Persen Masyarakat Sulsel Inginkan Pilpres Satu Putaran

Makassar,Upeks.co.id— Pasangan Capres dan Cawapres, Prabowo-Gibran menapaki puncak di Sulsel. Tak hanya mengungguli hasil survei yang dilakukan Public Policy Network Polinet), pasangan ‘Gemoy” ini dipridiksi menang satu putaran oleh masyarakat Sulsel.

“Pemilih masyarakat Sulsel yakin 20 persen bahwa Pasangan Prabowo-Gibran menang dalam satu putaran. Dimana 15 persen masyarakat yakin dan 5 persen lainnya sangat yakin. Sementara 50 persen menjawab kurang yakin dan 30 persen menjawab tidak tahu atau rahasia,” terang Direktur Eksekutif Polinet, Rizal Pauzi.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut terungkap dalam ekspose hasil riset Polinet terkait presepsi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 di Sulawesi Selatan, di Ruang Lamuru Hotel Maxone, Rabu, 06 Desember 2023.

Rizal melanjutkan, berdasarkan temuan sebagian besar masyarakat Sulsel yakni 79 persen yakin bahwa Presiden Joko Widodo mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

“Kemudian 19 persen mendukung Ganjar-Mahfud MD dan tidak menjawab 5 persen,” terangnya.

Polinet juga melakukan simulasi pasangan tiga calon Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran unggul telak di Sulsel dengan posisi 46.0 persen tingkat keterpilihan, kemudian disusul diposisi kedua pasangan Anies Baswedan-Muhaimin diposisi 29.0 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud berada diposisi 19.0 persen, dan tidak menjawab 6,0 persen.

Sementara, simulasi dua pasangan calon untuk putaran kedua, Prabowo-Gibran mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud. Sementara untuk Anies Baswedan-Muhaimin mengungguli Ganjar Pranowo-Mahfud.

Polinet juga memotret hasil survei terkait potensi calon gubernur Sulsel yang masih didominasi Sudirman Sulaiman.

“Figur yang dianggap layak memimpin Sulawesi Selatan yakni Andi Sudirman Sulaiman yakni 27 persen, Adnan Purichta Ichsan yakni 24 persen, Indah Putri Indriani 7 persen dan selebihnya dibawah 6 persen,” ungkap Rizal. (ris)