Tekan Laka Lantas, Satlantas Polres Gowa Intens Operasi Rutin

Tekan Laka Lantas, Satlantas Polres Gowa Intens Operasi Rutin

GOWA, UPEKS.CO.ID– Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Gowa melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan atau operasi rutin, Senin (13/11/2023).

Kanit Turjawali, Satlantas Polres Gowa, Ipda M. Hamsal H mengatakan, kegiatan rutin atau operasi ini dilaksanakan untuk menekan jumlah kecelakaan lalulintas (Laka lantas) Di wilayah hukum Polres Gowa.

Bacaan Lainnya
 

“Kita tahu tahun ini angka atau jumlah kasus kecelakaan lalulintas di gowa mengalami kenaikan dari tahun lalu. Dimana penyebabnya adalah kelalaian pengendara atau tidak patuh dalam berlalulintas saat berkendara,”ungkap Ipda M Hamsal yang ditemui disela sela Operasi di jalan Hoscokriominoto, Sungguminasa.

Ia juga menjelaskan, kasus kecelakaan lalulintas juga di dominasi dari kalangan anak di bawah umur atau pelajar.

Olehnya dalam kegiatan rutin ini salah satu sasaran Operasi adalah pengendara anak di bawah umur dan beberapa pelanggaran yang kasat mata.

“Salah satu sasaran operasi kita adalah pengendara di bawah umur atau pelajar, selain itu pelanggaran yang dapat menyebabkan laka lantas seperti berboncengan lebih, melawan arus, kendaraan over dimensi, knalpot bising serta parkir di tempat yang salah juga menjadi sasaran operasi kita,”jelas nya pula.

Selain itu, Kanit Turjawali juga mengimbau kepada orang tua agar tidak memberikan kendaraan kepada anak nya yang masih di bawah umur untuk berkendara.

“Jadi kami minta kepada orang tua, utama nya yang anak nya masih berstatus pelajar agar tidak diberikan kendaraan ke sekolah,”harap nya .

Sementara itu kasat Lantas Polres Gowa, AKP Dayu Ari mengungkapkan kalau kasus kecelakaan lalulintas di Gowa tahun ini naik 14 persen.

“Tahun ini kasus laka lantas naik 14 persen. Salah satu langkah kita menekannya selain melaksanakan operasi, kita juga intens sosialisasi ke sekolah sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMU memberikan pemahaman kepada pelajar,”beber Kasat lantas.