Target Rp200 Juta, Donasi Untuk Palestina Capai Rp671 Juta

Target Rp200 Juta, Donasi Untuk Palestina Capai Rp671 Juta

MAROS,UPEKS.co.id—  Pemerintah kabupaten (Pemkab) Maros mengumpulkan Rp671.803.800 donasi untuk Palestina. Jumlah donasi yang terkumpul melebihi target dari Pemkab Maros yakni Rp200 juta.

Donasi yang telah terkumpul kemudian diserahkan secara simbolis oleh Bupati Maros AS Chaidir Syam kepada Ketua Baznas Provinsi Sulsel DR M Khidri Alwi  dalam kegiatan doa dan istigoshah akbar di Gedung Serbaguna Selasa (21/11/2023) malam.  Baznas provinsi akan meneruskan donasi ini ke Baznas Pusat. Baznas pusat  nantinya akan menyalurkan bantuan dari masyarakat Maros untuk warga Palestina.

Bacaan Lainnya
 

Chaidir Syam mengatakan, donasi yang tidak seberapa ini diharapkan dapat membantu masyarakat Palestina yang terus dibombardir oleh zionis Israel. “Tentu bukan nilainya tapi keikhlasan dan ini membuktikan rasa kemanusiaan yang dimiliki masyarakat Maros untuk saudara-saudara kita di Palestina yang terus dizolimi sangat tinggi,” ujar Chaidir.

Mantan ketua DPRD Maros ini mengatakan, pihaknya bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat Maros, lembaga-lembaga dan organisasi-organisasi yang telah turut menyumbangkan sebagian hartanya untuk Palestina.

“Kita juga memastikan donasi masyarakat Maros ini sampai ke masyarakat Palestina sehingga kita menyalurkan ke lembaga yang kredibel dan terpercaya seperti Baznas,” beber Ketua PMI Maros ini.

Penggalangan dana sendiri dilakukan sejak  ditandatanganinya surat edaran Bupati Maros tanggal 30 Oktober lalu. Meski belum genap sebulan, namun dana yang terkumpul telah melebihi target.

Sedangkan Ketua Masjid Modern Kurir Langit Maros yang juga sebagai ketua panitia doa dan istigoshah akbar Sastra Darmakusuma mengatakan, doa dan istigoshah akbar dengan tema membasuh luka Palestina ini merupakan inisiasi dan kerjasama antar lembaga dan organisasi sepeti MUI Maros, Baznas dan Masjid Modern Kurir Langit serta Pemkab Maros.

Doa dan istigoshah akbar turut dihadiri oleh Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari, Ketua DPRD Maros Patarai Amir dan unsur Forkopimda lainnya.

“Selama donasi Alhamdulillah banyak sekali baik lembaga, organisasi sampai individu yang ambil bagian. Terbukti belum cukup satu bulan sudah lebih dari Rp671 juta yang terkumpul bahkan tadi juga dari jamaah masjid karyawan Airnav juga menyumbang Rp10 juta,” bebernya.

Sebelumnya Pemkab Maros resmi membuka donasi untuk membantu warga Palestina yang menjadi korban serangan Israel.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Maros nomor 466/780/SET perihal Himbauan Penggalangan Dana Palestina tertanggal 30 Oktober 2023.

Surat Edaran itu ditandatangani Bupati Maros, Chaidir Syam, Ketua MUI Maros, Syamsul Khalik dan Ketua Baznas Maros, Said Patombongi.

Chaidir Syam pun menghimbau kepada kepala OPD, Camat, lembaga keagamaan hingga seluruh elemen masyarakat untuk melakukan penggalangan dana di ruang kerja atau wilayah masing-masing.

Tak hanya itu Chaidir juga meminta pengurus masjid untuk melakukan penggalangan dana melalui penyediaan kotak amal. (***)