Dinas Kesehatan Makassar

Puskesmas Tamalete Bahas Rencana Aksi Pengentasan Stunting Bersama Diskominfo Makassar

Puskesmas Tamalete Bahas Rencana Aksi Pengentasan Stunting Bersama Diskominfo Makassar
Bahas Stunting

Makassar, Upeks–Puskesmas Tamalate bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar menggelar pertemuan dalam rangka “Aksi Perubahan Collaborative Governance Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak”, Rabu, (25/10/2023) lalu.

Pihak kominfo dipimpin langsung Kabid Aplikasi dan Informatika Diskominfo Makassar, Dr Jusman yang disambut Kepala Puskesmas Tamalate, dr Rudy Lautan. Pertemuan itu memiliki manfaat terkait aksi perubahan bagi Pemkot Makassar dalam pelaksanaan SPBE tematik berdampak.

Bacaan Lainnya

“Fokus pembahasan kita kali ini terkait penyiapan sistem informasi evaluasi dan monitoring stakeholder berbasis spasial yang termasuk di dalamnya yakni penanganan stunting juga kemiskinan ekstrim,” ungkap Dr Jusman.

“Aplikasi atau sistem yang menggambarkan dan memudahkan kita melihat data stunting serta kemiskinan ekstrem di Kota Makassar. Jadi kita mengusahakan mengkoneksikan menjadi satu data,” lanjutnya.

dr Tamalate Rudy Lautan juga mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya semaksimal mungkin mengenai pengentasan stunting.

“Bahkan pencegahan stunting kita itu dimulai dari yang mau menikah di mana kita kerjasama dengan KUA, kita juga sosialisasi ke sekolah-sekolah serta ibu hamilnya tidak luput kita perhatikan,” katanya.

dr Rudy juga mengungkapkan beberapa hal yang sering menjadi kendala saat melakukan intervensi penganganan stunting.

“Kebanyakan yang telah kita tangani itu, mereka yang terkena stunting juga termasuk dalam kemiskinan ekstrim,” ungkapnya.

“Semua yang ada di wilayah kita, kita tangani. Namun terkadang ada yang dari daerah dan memiliki keluarga di sini, kita sudah tangani. Tapi ketika mau melanjutkan intervensi mereka sudah tidak ada lagi,” lanjutnya. (*)

Pos terkait