PKM Adpertisi, Literasi Berbagai Obat Herbal & Cara Tepat Penggunaannya Untuk Kesehatan di Bonto Perak, Kab Pangkep

PKM Adpertisi, Literasi Berbagai Obat Herbal & Cara Tepat Penggunaannya Untuk Kesehatan di Bonto Perak, Kab Pangkep

Makassar, Upeks.co.id — Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Dosen Pengabdi dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta dari seluruh Wilayah Indonesia yang merupakan salah satu kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi.

Kegiatan PKM ini diprakarsai oleh Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI).

Bacaan Lainnya
 

Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 07 Nopember 2023 yang berlokasi di Kab. Pangkep dan disebar di 4 Kecamatan, 18 Desa/Kelurahan.

Kelompok I Bidang Kesehatan berlokasi di Kel. Bonto Perak, Kec. Pangkajene, Kab. Pangkep beranggotkan 8 orang yang berasal dari beberapa Perguruan Tinggi dengan berbagai disiplin ilmu diantaranya Dr. Tahirah, S.Si., M.Si. (Kimia Organik Bahan Alam); Yasnidar, S.Si., M.Si. (Biologi & Ilmu Lingkungan); apt. Sitti Fauziah Noer, S.Si., M.Kes. (Farmasi bid. Farmakologi); Ns. Mora, S.Kep., M.Kep., MTDP., FHFAA (Keperawatan); A. Tenriugi D. Pine, S.Si., M.Si. (Farmasi); Dr. Harningsih Karim, S.Si., M.Sc. (Farmasi); apt. Irman Idrus, S. Farm., M. Kes (Farmasi), Dwi Sasongko Wardiono, SE., M.Pd.

Tema Pengabdian yang dibawakan adalah *Literasi Berbagai Obat Herbal dan Cara Tepat Penggunaannya untuk Kesehatan*. Kepala Kelurahan Bonto Perak Bapak Musmuliadi, ST. menyambut baik kehadiran kami sebagai Pengabdi dari ADPERTISI.

Kegiatan ini dihadiri oleh Babinsa bapak Amir Ahmad, Babinkantibmas bapak Amirullah, para Tokoh Masyarakat & bapak/ibu warga Kel. Bonto Perak. Kep. Kelurahan bapak Musmuliadi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih & apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh Dosen Pengabdi & berharap kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan.

Masyarakat Kel. Bonto Perak semua bersemangat menanggapi apa yang kami sampaikan dan bergantian mengajukan pertanyaan & tanggapan. Beberapa pertanyaan yang diajukan terkait dengan cara penggunaan obat herbal secara tepat & apakah dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat sintetik/kimia yang diresepkan oleh dokter.

Ada juga yg bertanya tentang kandungan kimia yg terkandung dalam obat herbal yang aktif sebagai obat. Masyarakat Kel. Bonto Perak yg hadir di lokasi Pengabdian juga berbagi kepada kami tentang pengalaman mereka menggunakan tumbuhan khas yaitu kalling-kalling yang ada di lokasi tersebut sebagai obat tipoid & mereka meminta kami untuk menguji kandungan senyawa bioaktifnya.

Hal ini sangat menggembirakan bagi kami sebagai pelaksana pengabdian kepada masyarakat karena itu menunjukkan bahwa kami diterima dengan baik oleh masyarakat & masyarakat Kel. Bonto Perak memiliki kesadaran yang sangat tinggi tentang pentingnya kesehatan dan memberdayakan tanaman obat yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.(rls)