Pengurus KKM Bone Kota Palopo Resmi Dilantik, Siap Berkolaborasi dengan Pemkot Palopo

Pengurus KKM Bone Kota Palopo Resmi Dilantik, Siap Berkolaborasi dengan Pemkot Palopo

Suasana saat pelantikan KKM Bone Kota Palopo. –ist–

PALOPO, Upeks.co.id — Dewan Pengurus Kota (DPK) Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) Kota Palopo pe-
riode 2023-2028 resmi dilantik.

Bacaan Lainnya

Mereka yang dilantik adalah Ketua Umum Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si, Ketua Harian Dr. Drs. Andi Syahiruddin Syah, M.Si, Sekertaris Umum Muhammad Kafrawi, SE, dan Bendahara Umum Resmi Alam, SH serta pengurus lainnya.

Mereka dilantik dan dikukuhkan, di Gedung Saodenrae Convention Center (SCC) Palopo, Sabtu, 4 November malam.

Pelantikan dan pengukuhan organisasi paguyuban yang berlangsung meriah dan khidmat ini, dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone Sulawesi Selatan, Drs. H. Andi Syahriwijaya, MM.

Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si ber-
sama pengurus lainnya, dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) No.007/SK/DPP-KKMBone/SS/X/2023 tertanggal 10 Oktober 2023 yang ditandatangani oleh Ketua DPP KKM Bone Sulsel Drs. H. Andi Syahriwijaya, MM dan Sekertaris H. Muh. Awwal Muin, SH.

Ketua KKM Bone Kota Palopo, yang baru dilantik mengatakan bahwa organisasi KKM Bone Kota Palopo adalah sebagai wadah silaturahmi.

”Ini untuk mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah persaudaraan Wija To Bone di Palopo,” katanya.

Kegiatan yang mengusung
tema “Memperkokoh Nilai Sumange Tealara dalam Kekeluargaan Warga Bone yang Bermartabat” ini, terlihat dihadiri Pj Wali Kota Palopo, Asrul
Sani, SH, M.Si, Pj Bupati Bone, dan Ketua KKM Bone Sulsel.

Pj Bupati Bone Drs. H. A. Islamuddin, MH hadir bersama dengan rombongan berjumlah 30-an orang.

Mereka yang hadir, selain Bupati Bone, juga hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Bone, Asisten 1, Asisten 3, Kadisnaker, Kadis Kebudayaan, Kadis Pariwisata, Kadis PSDA, Kadis BMKCTR, Kabag Perlengkapan, dan yang lainnya.

Pada acara tersebut, Ketua Umum DPP Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone Sulawesi Selatan, Drs. H. Andi Syahriwijaya, MM mengungkapkan rasa bangga dengan dilantiknya pengurus KKM Bone Kota Palopo. Apalagi didukung penuh Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani.

Banyak daerah yang menggelar pelantikan, tetapi baru kali ini di Palopo yang meriah dan banyak yang hadir.

“Untuk itu saya berharap kepada pengurus yang baru dilantik agar paguyuban ini terus berkontribusi dalam pembangunan di Kota Palopo. Saya juga minta inventarisir anggota warga kita To Bone di Kota Palopo yang katanya ada 15 ribuan. Ini adalah potensi yang besar. Saya juga minta dukung penuh pemerintahan Kota Palopo, bersinergi dengan pemerintah,” kata Drs. H. Andi Syahriwijaya.

Ketum juga menyebutkan KKM Bone ini adalah rumah besar dan
tempat bersilaturahim. Isinya ada ASN, pengusaha, polisi, pengacara, tentara, dan banyak profesi.

Sementara itu, Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani juga mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan KKM Bone Kota Palopo.

Pj Wali Kota juga menyebutkan jika Wija To Bone dan Wija To Luwu adalah bersaudara. Bahkan sejak tahun 1510 yang ditandai dengan perjanjian antara Raja Luwu dan Raja Bone.

“Orang Bone di Palopo ada di mana-mana. Saya ke pasar ada orang Bone, saya ke masjid ada Orang Bone, dimana saja pasti ada,” ungkapnya.

Untuk itu, Pj Wali Kota berharap
agar orang Bone di perantauan untuk selalu menjaga muruah sampai kapan pun.

Dilanjutkan dengan sambutan Pj Bupati Bone, Drs. H. A. Islamuddin, MH yang mengungkapkan, rasa bahagianya melihat pelantikan KKM Bone Kota Palopo. Ia menyampaikan kalau ini adalah amanah yang besar, ini harus dirawat. Jangan hanya seka- dar seremoni.

“Mari bangun sinergi antara Pemkot Palopo dengan pengurus KKM Bone. Dukung pemerintahan Kota Palopo. Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Pertahankan terus,” sebutnya.

Ketua Umum KKM Bone Kota Palopo, Drs. H. Burhan Nurdin menyampaikan, banyak hal yang dilalui sebelum pelantikan ini yang hasil Musda 6 tahun lalu. Dengan berkat kebersamaan masyarakat Bone akhirnya bisa terlaksana. “Insya Allah, segala potensi yang kami miliki akan kami jaga organisasi ini bermanfaat bagi masyarakat serta sesuai dengan visi misi mensukseskan program Kota Palopo,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Arham Bahri S.STP M,Si menyampaikan laporan seputar kegiatan ini.

Dimana ini adalah hasil Musda sejak 6 tahun lalu yakni Tahun 2018. Namun baru bisa terlaksana berkat kerja sama dan kekompakan warga Bone di Kota Palopo.

Pada proses pelantikan, dimeriahkan sanggar seni dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo juga tampil model-model cantik dari Jerry
Model Management (JMM) dibawa asuhan Maksum Runi, MH. Juga, tampil Managemen Bunda Awwan (BA) dengan tari-tariannya yakni tari Padduppa dan tari 4 etnis. Teatrikan Songkong Recca, dan pertunjukkan lima Bissu dari Bone. (*)