Penanaman Pohon Serentak, Menko PMK Sampaikan Terimakasih ke Pj Gubernur Bahtiar

Penanaman Pohon Serentak, Menko PMK Sampaikan Terimakasih ke Pj Gubernur Bahtiar

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyampaikan terimakasih kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, pada pelaksanaan penanaman 10 juta pohon serentak di seluruh Indonesia, yang dilaksanakan di Mapolda Sulsel, Rabu, 15 November 2023.

Menko Muhadjir hadir secara virtual pada acara tersebut. Ia pun berterimakasih kepada Pj Gubernur Bahtiar, yang sebelumnya membuatnya mencoba buah sukun. Buah sukun khas Kecamatan Lapri, Kabupaten Bone itu diakuinya sebagai salah satu buah yang enak dan gurih.

Bacaan Lainnya

“Bapak Gubernur Sulsel, jangan lupa buah sukunnya itu enak sekali, itu dari Sulawesi Selatan,” kata Menko PMK saat Pj Gubernur Bahtiar dan Kapolda Sulsel.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan terimakasih kepada Kapolda Sulsel dan seluruh Forkopimda Sulsel sudah ikut berpartisipasi dalam penanaman sepuluh juta pohon. 

“Terimakasih kepada Bapak Kapolda Sulsel dan seluruh Forkopimda Sulsel, terus menanam pohon untuk dinikmati, baik buahnya maupun untuk kebutuhan wisata,” ucapnya. 

Ia juga menyampaikan salam kepada warga Sulsel, khususnya Universitas Hasanuddin (Unhas) dan berharap bisa sama-sama menyukseskan program penanaman sepuluh juta pohon tersebut. 

“Salam untuk teman-teman di Unhas Pak Gubernur. Kita harapkan setelah ditanam, kita tengok lagi. Ini kewajiban kita setelah tanam harus dirawat. Mungkin itu yg bisa saya sampaikan kepada kita semua,” tuturnya. 

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso, menyampaikan, saat ini Mapolda Sulsel dan seluruh Mapolres dan Polsek se-Sulsel sudah melakukan penanaman ribuan pohon berbagai jenis. 

“Kami akan melakukan penanaman yang dari berbagai macam jenis pohon di satuan masing-masing, mulai dari Mapolda sampai Mapolsek,” ujarnya. 

Yang paling penting, katanya, saat ini Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menjalankan program Budidaya Pisang di hampir 500.000 hektare lahan di Sulsel. 

“Izin menyampaikan bapak, saat ini Bapak Gubernur Sulsel ada program penanaman satu miliar pohon pisang yang akan dilakukan Pemprov Sulsel,” ungkapnya. 

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengaku, buah sukun dari Kecamatan Lapri, Kabupaten Bone tersebut, sangat renyah dan empuk, baik untuk dimasak maupun digoreng. “Baik Bapak (Menko PMK) kami akan siapkan lagi. Itu sukun dari Lapri, Kabupaten Bone, Bapak Menteri,” ucapnya. 

Diketahui, pohon sukun banyak ditanam masyarakat Sulsel karena mampu menyimpan cadangan air. Pohon sukun bisa mencegah kekeringan dalam jangka waktu yang panjang. (***)