Pemkab Selayar Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Pahlawan ke 78

Pemkab Selayar Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Pahlawan ke 78

Selayar,Upeks.co.id— Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke-78 Tahun 2023.

Upacara berlangsung pada Jum’at (09/11/23) di Halaman Kantor Bupati. Wakil Bupati H. Saiful Arif, S.H bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Bacaan Lainnya
 

Mengusung tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, Upacara turut diikuti oleh perwakilan Ketua DPRD, Kajari Hendra Syarbaini, perwakilan Dandim 1415, Sekda Mesdiyono, serta para Kepala OPD.

Wabup Saiful Arif yang membacakan sambutan seragam Menteri Sosial mengatakan bahwa tema yang diusung kali ini diangkat melalui renungan mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan moderen yang kian nyata. Mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. 

Lanjut dikatakan bahwa hal tersebutlah yang menjadi tantangan sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

“Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah menang, tetapi pasti bisa. Kerena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan”. Ucap Saiful Arif

Ia juga menyampaikan bahwa pahlawan adalah orang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara diatas kepentingan kelompok dan diri sendiri.

“Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang, kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah” tegasnya.

Diakhir amanatnya Wabup mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Tahun 2023.

“Selamat Hari Pahlawan Tahun 2023, Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita” Tutup Wabup Saiful Arif.

Pada Upacara ini juga dilaksankan juga penyerahan bingkisan oleh Wabup Saiful Arif kepada beberapa Keluarga Pahlawan.

Selanjutnya rangkaian peringatan Hari Pahlawan dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Barugaiya dan Upacara Tabur Bunga di Pelabuhan Rauf Rahman Benteng. (Sya)