Optimalisasi Arsip Kabupaten Bantaeng Melalui BIMTEK SDM Kearsipan

Optimalisasi Arsip Kabupaten Bantaeng Melalui BIMTEK SDM Kearsipan


BANTAENG,UPEKS.co.id— Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantaeng menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kearsipan, yang dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati Bantaeng, Andi Abubakar di Hotel Seruni Bantaeng, Kamis (9/11).

Selain peserta, Bimtek juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia, Dra. Desi Pratiwi, beserta Tim SRIKANDI Arsip Nasional dan Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Sulawesi Selatan, Dr. Basri yang turut hadir bersama para kepala OPD atau yang mewakili Kab. Bantaeng. 

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Bantaeng secara resmi membuka kegiatan BIMTEK melalui sambutannya mengenai sejarah Butta Toa, Kab. Bantaeng yang perlu diarsipkan sebagai bukti-bukti otentik dan memiliki kredibilitas. Selain itu, Andi Abubakar juga berharap agar penyiapan SDM kearsipan akan berlanjut hingga memenuhi standar jumlah arsiparis di Kab. Bantaeng. 

“Untuk optimalisasi penyelenggaraan kearsipan tidak berhenti satu dua hari ini, kita punya 4 arsiparis saya mau menerapkan yang sesuai dengan norma berapa seharusnya jumlah arsiparis di kabupaten bantaeng ini” jelasnya

Dalam optimalisasinya Bimtek juga mengadakan diklat perhitungan kebutuhan arsiparis yang akan diusulkan ke arsip Nasional dan diharapkan melalui berbagai proses serta pembinaan, nilai pengawasan kearsipan kabupaten Bantaeng pada tahun ini dapat meningkatkan yang sebelumnya dianggap kurang dengan nilai 34.44 di tahun 2022.

“Mudah-mudahan tahun ini Allah masih memberikan kita kesempatan, minimal nilainya Baik” harap Pj Bupati Bantaeng.(Irwan Patra)