Komitmen Lestarikan Cagar Budaya Bulu Sipong, PT Semen Tonasa Gandeng BPK

Komitmen Lestarikan Cagar Budaya Bulu Sipong, PT Semen Tonasa Gandeng BPK

PANGKEP,UPEKS.co.id — PT Semen Tonasa, sebagai perusahaan semen tertua di Indonesia Timur terus berkomitmen  dalam melestarikan cagar budaya warisan dunia, kawasan Bulu Sipong.

Komitmen itu ditunjukkan dengan menggandeng Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XIX Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Bacaan Lainnya

Direktur Utama Semen Tonasa, Asruddin, menerima kunjungan Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XIX, La Ode Muhammad Aksa, di Ruang Rapat R1 Lantai 3 Kantor Pusat PT Semen Tonasa, Senin, 27 November 2023 lalu.

Direktur Utama Semen Tonasa, Asruddin,  menyampaikan, pertemuan ini merupakan sebuah langkah positif dalam upaya perusahaan untuk menjaga kelestarian Bulu Sipong.

Pengelolaan dan konservasi Bulu Sipong saat ini katanya, masuk dalam Corporate Action perusahaan.

” Dan ini juga menjadi salah satu amanat SIG selaku holding, untuk mengelola Bulu Sipong yang merupakan salah satu harta karun budaya. Karenanya, kami berharap Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XIX dapat menjadi mitra kami, utamanya dalam melakukan pendampingan untuk pengelolaan dan pelestarian Bulu Sipong ini,”ujarnya.

Sementara itu La Ode Muhammad Aksa selaku Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XIX, menyebutkan bahwa pihaknya siap untuk membantu PT Semen Tonasa.

 “Sebagai lembaga yang ditunjuk Pemerintah untuk mengelola cagar budaya, tentu saja kami siap bermitra dengan Semen Tonasa,”katanya.

Bulu Sipong katanya, meskipun berada di area Semen Tonasa, namun secara substansi merupakan milik bersama, aset semua orang.

” Sehingga, secara langsung maupun tidak langsung, kami juga memiliki tanggung jawab untuk turut serta menjaganya. Dan alhamdulillah, harapan kami pun sejalan dengan keinginan Semen Tonasa yang telah aktif melakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian Bulu Sipong ini sejak bertahun-tahun lalu,”jelasnya.

Dalam hal pengelolaan dan konservasi Bulu Sipong, Semen Tonasa dengan dukungan para akademisi, pakar, dan unsur-unsur lainnya, telah menyelesaikan Heritage Cultural Management Plan (HCMP). Dokumen ini nantinya akan menjadi blueprint dan pijakan Semen Tonasa dalam hal melestarikan Bulu Sipong.(sah)