Kejuaraan Pencak Silat PSHT, Budiman: Ajang Mengasah Kemampuan

Kejuaraan Pencak Silat PSHT, Budiman: Ajang Mengasah Kemampuan


Lutim,Upeks.co.id— Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka secara resmi Kejuaraan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Bupati Cup I Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023, yang bertempat di Gedung Serbaguna Kec. Kalaena, Jum’at (24/11/2023).

Kejuaraan Pencak Silat PSHT Bupati Cup I Luwu Timur Tahun 2023 bertemakan “Menjaga Persaudaraan Untuk Meraih Prestasi Gemilang”.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati Budiman menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pengurus PSHT cabang Luwu Timur bersama para stakeholders yang telah mengadakan kegiatan ini sebagai bagian dari promosi olahraga, pengembangan potensi SDM, memperkenalkan nilai-nilai budaya dan memperkuat persatuan.

“Kejuaraan pencak silat yang digelar PSHT di Luwu Timur menjadi sangat penting bagi para atlet sebagai bagian dari ajang unjuk bakat dan mengasah kemampuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sekaligus sebagai ajang memupuk tali persahabatan dan Persaudaraan yang lebih erat di antara sesama atlet,” imbuhnya.

Bupati berharap, dari kegiatan ini akan menghasilkan bibit-bibit unggul di bidang olahraga pencak silat sekaligus sebagai ajang pembinaan atlet pencak silat terkhusus bagi pelajar di Kabupaten Luwu Timur.

“Tujuannya bukan hanya menghasilkan potensi terbaik atlet pencak silat tetapi juga melahirkan generasi muda yang kuat secara mental dan spiritual serta menghargai kejujuran, disiplin dan kerja keras selama bertanding,” kata Budiman.

Bupati Budimaan berharap, hasil pertandingan yang berlangsung secara fairplay mampu menghasilkan juara-juara terbaik dan membawa nama baik Kabupaten Luwu Timur di kancah Nasional dan Internasional dimasa yang akan datang.

“Menang dan kalah adalah proses kematangan berpikir dan bersikap dalam berkompetisi. Mari kita tunjukkan sikap sportifitas yang tinggi sebagai olahragawan,” ajak Budiman menutup sambutannya.

Ketua PSHT Cabang Luwu Timur, Eko Suhono menyampaikan bahwa, awal sejarah PSHT diinisiasi oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 dan hingga kini telah menjadi organisasi pencak silat tertua yang memiliki anggota di seluruh Indonesia dan juga di luar negeri.

“Adapun target dari Kejuaraan Pencak Silat PSHT Bupati Cup I adalah guna mencari bibit-bibit pesilat yang unggul dan berbakat sekaligus mempererat tali persaudaraan antar anggota PSHT cabang Luwu Timur. Kejuaraan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 24-26 November 2023 dan diikuti oleh 10 kontingen yang berasal dari Kab. Luwu Timur,” beber Eko.

H. Budiman membuka Kejuaraan Pencak Silat PSHT Bupati Cup I dengan memukul Gong sebanyak 3 kali dan menyerahkan Golok kepada Ketua Pertandingan sebagai tanda dimulainya pertandingan perdana.

Bupati juga menerima piagam penghargaan dari Ketua PSHT Luwu Timur sebagai bentuk terima kasih kepada Pemkab Luwu Timur atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Turut hadir Kadis Parmudora, A. Tabacina Akhmad, Kadis DPMD, Halsen, Sekwan DPRD, Aswan Azis, Camat Kalaena, Marsuki, Ketua KONI Luwu Timur, M. Nur, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Luwu Timur, Aipda Supriyanto, perwakilan OPD, perwakilan Camat dan Kepala Desa se-Luwu Timur, para Ketua Perguruan Pencak Silat se-Luwu Timur, para tokoh agama dan budaya, serta seluruh peserta Kejuaraan Pencak Silat PSHT Bupati Cup I Kab. Luwu Timur Tahun 2023. (rls)