Kajati Tekankan Seluruh Pegawai dan Jaksa Jaga Netralitas di Pemilu

Kajati Tekankan Seluruh Pegawai dan Jaksa Jaga Netralitas di Pemilu

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Kajati Sulsel, Leonard Eben Ezer Simanjuntak menyampaikan pesan kepada suluruh pegawai dan Jaksa di wilayah Kejati Sulsel untuk menjaga Netralitas menyongsong Pemilu serentak 2024.

Penekanan tersebut disampaikan Kajati Sulsel usai Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin mengeluarkan tujuh Perintah Harian Jaksa Agung RI Tahun 2023, untuk dilaksanakan oleh seluruh jajaran ASN Kejaksaan RI untuk menjaga netralitas pada pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2024. 

Bacaan Lainnya
 

Tujuh perintah Jaksa Agung itu adalah, aktualisasikan pola hidup yang merefleksikan nilai Tri Krama Adhyaksa, baik dalam pelaksanaan tugas maupun bersosialisasi di tengah masyarakat. 

Tingkatkan kepekaan sosial berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat dalam setiap pelaksanaan tugas dan wewenang serta kehidupan bermasyarakat. 

Wujudkan kesatuan pola analisis yuridis yang terstruktur dan terukur dalam setiap penyelesaian penanganan perkara. Laksanakan penegakan hukum dan penyelesaian perkara secara prosedural dan tuntas. 

Perkuat kemampuan manajerial dan administratif sebagai sarana pendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan. Optimalkan sinergi antar bidang guna mewujudkan keberhasilan capaian kerja institusi. Jaga Netralitas personel dalam menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024. 

Pesan dan seruan Netralitas ASN ini, juga telah disampaikan oleh Kajati Sulsel dalam berbagai kesempatan. Diantaranya saat mengikuti rapat Koordinasi Forum Pimpinan (Forkopimda) Sulsel bersama Pj. Gubernur Sulsel.

Kegiatan itupun diikuti oleh seluruh Kajari, Kapolres, Camat dan Lurah se-Sulsel di Hotel Claro Makassar dengan tema “Kesiapan Formkopimda untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu 2024”.

Kemudian dilanjutkan dengan pernyataan tegas Kajati Sulsel untuk seluruh ASN yang disampaikan dalam rapat bersama Forkopimda dihadapan 2.266 Kepala Desa se-Sulsel. 

Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, perintah agar seluruh ASN menjaga Netralitas pada pelaksanaan Pemilu merupakan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan dipertegas dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Leonard Eben Ezer Simanjuntak, juga mengingatkan beberapa hal agar seluruh pejabat dan pegawai Kejaksaan di wilayah hukum Kejati Sulsel, menjalankan arahannya.

“Pastikan Kejaksaan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan pembangunan, termasuk menjaga Netralitas ASN pada pelaksanaan Pemilu 2024, ” ucap Leonard, Rabu (8/11/2023).

Saat ini lanjut Kajati, Jaksa Agung  terus bekerja keras bagaimana mengembalikan marwah Kejaksaan melalui membangun legasi Kejaksaan yang lebih dipercaya masyarakat. 

“Banyak terobosan-terobosan yang telah beliau lakukan untuk selalu melakukan perubahan-perubahan yang sangat massif, serta menunjukkan keberanian yang sangat luar biasa dengan mengungkap kasus-kasus mega korupsi yang telah menimbulkan kerugian keuangan negara bahkan perekonomian negara, ” sebutnya.

Untuk itu, terus tingkatkan komunikasi publik dengan mempedomani Instruksi Jaksa Agung Nomor 1 Tahun 2021 tentang publikasi kinerja baik melalui media massa maupun media online. 

“Sebagai Korps Adhyaksa, pahami terdapat dua peran yang dapat dipisahkan, yaitu sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat, ” bebernya.

Dalam kapasitas tersebut, seluruh jajaran Kejaksaan harus memahami tugas dan fungsi serta kewenangan Kejaksaan. Agar mampu menerjemahkan beragam keinginan, ekspektasi dan tuntutan masyarakat.

Leonard Eben Ezer Simanjuntak juga mengingatkan pejabat yang baru dilantik serta seluruh jajaran, untuk memperhatikan tata kelola manajemen serta selalu menjaga kekompakan dan soliditas dalam menghadapi berbagai persoalan.

“Saat ini kinerja Kejati dan Kejaksaan Negeri se-Sulsel sangat diapresiasi masyarakat. Khususnya dalam penanganan korupsi. Maka apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Insan Adhyaksa baik di lingkungan Kejati termasuk juga di Kejari atas kerja kerasnya selama ini,” terangnya. (Jay)