Gelar Raker, Baznas Makassar Lontarkan Satgas Zakat, Walikota Apresiasi Program SEJUTA

Gelar Raker, Baznas Makassar Lontarkan Satgas Zakat, Walikota Apresiasi Program SEJUTA

Makassar, Upeks–Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar menggelar Rapat Kerja menyusun dan merumuskan program kerja tahun 2024, di Hotel Horison Ultima Makassar, Jumat-Minggu (24-26/11/2023).

Ketua Baznas Kota Makassar H Ashar Tamanggong mengungkapkan, kegiatan raker untuk menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) Tahun 2024.Gelar Raker, Baznas Makassar Lontarkan Satgas Zakat, Walikota Apresiasi Program SEJUTA

Bacaan Lainnya
 

“Penyusunan RKAT inilah yang akan mengikat kami selama 2024,” ujar Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Makassar ini.

Disebutkan dalam kegiatan yang berlangsung tiga hari ini pihaknya dihadiri berbagai pihak. Selain dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Makassar H Irman, juga tampak Asisten I Pemkot Makassar Andi M Yasir, Ketua MUI Makassar Anre Gurutta KH Baharuddin HS, Wakil Ketua I Baznas Provinsi Sulsel Dr Irfan Sanusi Baco, tiga wakil ketua Baznas Kota Makassar, Ahmad Taslim, H.Jurlan Em Saho’as, dan Waspada Santing. Hadir pula sejumlah Lembaga Amil Zakat, Kepala KUA dan perwakilan UPZ se Kota Makassar.

Kegiatan ini sedianya dirangkaikan dengan Penyerahan Infak Kemanusiaan Palestina bertajuk Membasuh Luka Palestina. Namun  donasi dari ASN berbagai SKPD di Pemkot Makassar belum direkap.

“Untuk pengumpulan donasi untuk saudara saudari kita di Palestina, di Baznas (Makassar)  sendiri sudah terkumpul Rp700 juta, dan dari Pemkot Makassar sementara direkap, dan dari seluruh SKPD itu Insya Allah bisa terkumpul Rp1 miliar, sehingga benar-benar bisa bermanfaat untuk masyarakat di Palestina,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ashar Tamanggong mengungkapkan ide untuk membuat satgas zakat yang ditempat di wilayah kecamatan dengan melibatkan untuk pemkot dan Kemenag, dalam hal ini camat dan KUA.

“Kami sengaja mengundang kepala KUA bersama dengan camat menjadi mitra dan ujung tombak pengumpulan zakat, apalagi kalau sudah terbentuk satgas zakat,” terangnya.

Sementara Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Andi Muh Yasir memuji Baznas yang sangat berperan aktif dalam mewujudkan visi misi dari pemerintah Kota Makassar penguatan keimanan umat. “Tapi bahkan menurut pantauan kami Baznas memperkuat ekonomi masyarakat menengah ke bawah,” ungkapnya.

Bukti keberhasilan Baznas, lanjut walikota, dibuktikan dengan penghargaan Baznas Award 2023 yang diraih Pemkot Makassar. 

Dalam kesempatan itu Pemkot mengapresiasi Program SEJUTA, Sedekah Jumat Tolak Bala. Semoga kedepan ada program lain untuk kepentingan umat.

Terkait rencana pembentukan Satgas Zakat, Andi Yasir siap bersinergi demi kepentingan umat. Bahkan, ruangannya sebagai Asisten I Pemkot siap ditempati pertemuan.

“Tertarik satgas zakat, kolaborasi kemenag, camat, UPZ. Sebagai asisten I, camat di bawah koordinasi saya. Kami Bersedia, apakah dua kali sebulan atau sekali sebulan, agar satgas ini lebih efektif atau lebih efisien,” tandasnya. (*)