Festival Budaya Maritim Selayar Dibuka Dengan Berbagai Atraksi Seni Budaya

Festival Budaya Maritim Selayar Dibuka Dengan Berbagai Atraksi Seni Budaya
Selayar,Upeks.co.id- Festival Budaya Maritim ” Kelapaku Budayaku Lautku Kehidupanku” yang dilaksanakan dalam rangka menyambut kedatangan Pelayaran KRI Dewaruci sekaligus memeriahkan hari Jadi Selayar ke 418,  dibuka  malam ini, Selasa (28/11) dipusatkan di Lapangan Pemuda Benteng.
Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, Forkopimda dan sejumlah pejabat Pemkab dan Instansi vertikal serta menjadi tontonan Warga sekitar. Hadir juga Komandan KRI Dewa Ruci Sugeng Hariyanto bersama rombongan ekspedisi pelayaran Muhibah Budaya jalur rempah 2023.
Dalam pembukaan tersebut berbagai atraksi seni budaya ditampilkan diantaranya Tari Boda’ dari siswa SDI Benteng II, musik tradisional didek, atraksi budaya manca pa’dang, kuntau dan pertunjukan musik kampung dari Group musik “Suku Selat”.
Kegiatan ini cukup menarik khususnya bagi para tamu rombongan KRI Dewaruci, yang banyak memberikan tepuk tangan setiap kali penampilan atraksi yang ditampilkan. Beberapa diantaranya juga memilih mengabadikan momen ini dengan menggunakan handphonenya masing-masing.
Untuk diketahui, Festival ini rencananya akan dilaksanakan hingga tanggal 1 Desember 2023 mendatang, berbagai kegiatan disiapkan diantaranya  untuk besok Rabu, 29 November 2023 akan dilaksanakan Pameran produk kelapa,  seminar kelapa bahari dan rempah, pelaksanaan ritual anjoro dan ritual  akbokong burakne di Kecamatan Buki. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan manjat kelapa massal dan assulo massal yang juga dilaksanakan di Kecamatan Buki.
Di hari ketiga, tanggal 01 Desember 2023, akan dilaksanakan berbagai kegiatan di stand-stand pameran produk kelapa di Lapangan Pemuda Benteng, dan akan ditutup dengan Pelepasan KRI Dewaruci di Pelabuhan Benteng. (Sya)