Dubes Australia Kunjungi Pulau Sabutung

Dubes Australia Kunjungi Pulau Sabutung

PANGKEP,UPEKS.co.id— Duta besar (Dubes) Australia untuk Kesetaraan Gender, Stephanie Copus Campbell berkunjung ke Pulau Sabutung, desa Mattiro Kanja, kecamatan Liukang Tupabiring Utara, Kamis (23/11/23).

Kunjungan Dubes Australia disambut wakil bupati Pangkep, Syahban Sammana.

Bacaan Lainnya

Syahban Sammana, kehadiran Dubes memberikan semangat partisipasi terhadap perempuan.

“Kita berharap, pertemuan ini tidak lagi terjadi kekerasan terhadap perempuan dan pencegahan pernikahan dini,” ujar Syahban.

Pulau Sabutung merupakan salah satu wilayah kerja Program Kemitraan Australia-Indonesia Menuju Masyarakat Inklusif (INKLUSI) di Sulawesi Selatan. 

Ketua Dewan Eksekutif Kapal Perempuan, Misiah mengatakan, kunjungan ini untuk menukar pengalaman, pengetahuan.

“Dan ingin mengetahui praktik baik dari Sekolah Perempuan yang dikembangkan oleh Kapal Perempuan bekerjasama YKPM,” katanya.

Direktur YKPM, Muliadi Prayatno menambahkan, Sekolah Perempuan pada dasarnya pengorganisasian pada masyarakat, khususnya perempuan.  

Sekolah Perempuan telah melahirkan sejumlah pemimpin yang akan mentransformasikan pengetahuan yang telah diperoleh.

“Ada beberapa leader, kalau kami tidak ada mereka akan melanjutkan karena sudah  ditransformasi. Itulah konsep sekolah perempuan,” jelasnya.

Di Sulawesi Selatan, KAPAL Perempuan dan YKPM, bekerja di 13 desa di Kabupaten Pangkep. Desa-desa program ini merupakan desa-desa yang sulit dijangkau karena berada di kepulauan dan pegunungan yang terpencil. Desa-desa ini merupakan wilayah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi dan berkontribusi pada tingginya tingkat perkawinan anak di Pangkep.

Kegiatan KAPAL Perempuan dan YKPM juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Pangkep. Pemerintah daerah memfasilitasi partisipasi perempuan dan kelompok marginal lainnya dalam proses perencanaan dan penganggaran pembangunan, seperti musrenbang desa, kelurahan, dan kecamatan. (sah)