DPPPA Makassar Apresiasi Workshop Pengembangan UMKM MomPreneur Makassar Sinergi

DPPPA Makassar Apresiasi Workshop Pengembangan UMKM MomPreneur Makassar Sinergi

MAKASSAR, UPEKS.CO.ID— MomPreneur Makassar Sinergi (MMS) kembali menghelat workshop pengembangan bisnis bagi perempuan. Kali ini, workshop mengangkat tema strategi personal branding menjadi tenar di media sosial dengan jago personal branding di Wisma Kalla, Jl DR Ratulangi Makassar, Minggu (12/11/2023).

Workshop dibuka langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Makassar, Achi Soleman. Di kesempatan tersebut, Achi mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi MMS.

Bacaan Lainnya
 

Menurutnya, kegiatan tersebut memberikan ruang bagi perempuan dalam meningkatkan kapasitas selaku pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Lalu, mewujudkan peningkatan partisipasi perempuan dalam bidang bisnis.

“Kita tahu dunia saat ini tidak baik baik saja. Jadi, dengan adanya pelatihan seperti ini bisa meningkatkan kapasitas perempuan dengan branding dari usaha, personal branding, termasuk daya jual yang mereka bisa lakukan untuk peningkatan ketahanan ekonomi keluarga,” kata Achi.

Dia menilai, MMS memberikan langkah nyata sebagai sebuah bentuk perubahan yang dilakukan perempuan sehingga bisa mandiri dan mampu menopang ekonomi keluarga. Melalui kegiatan ini, bisa pula memotivasi perempuan lain untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas, khususnya pada sektor usaha.

“Pelatihan ini bisa meningkatkan citra diri perempuan untuk bisa setara. Caranya memerlukan strategi, salah satunya dengan kegiatan peningkatan personal branding ini,” katanya.

Lanjutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sendiri berkomitmen kuat dalam upaya pengembangan UMKM. Salah satu upaya yang dilakukan berupa pendampingan dalam penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dilaksanakan melalui instansi terkait.

Sementara itu, Ketua MMS, Mama Luna mengatakan, workshop bertujuan sebagai pengembangan kapasitas perempuan secara individual untuk mendorong pertumbuhan usaja yang digeluti.

“Personal branding menjadi salah satu strategi penting dalam memajukan usaha. Terlebih, media sosial memiliki jangkauan yang luas, berbeda dengan cara konvensioanl yang terbatas,” katanya.

Workshop menghadirkan pemateri Zulkifli AT dari Trainer Frame Indonesia Group dan diikuti sekitar 200 peserta perempuan pelaku UMKM yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel. (rul)