Diskominfo-SP Gelar Pelatihan Pengumpulan dan Pengelolaan Metadata Statistik Sektoral

Diskominfo-SP Gelar Pelatihan Pengumpulan dan Pengelolaan Metadata Statistik Sektoral


Lutim,Upeks.co.id— Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang standarisasi pengumpulan dan pengelolaan metadata statistik sektoral pada produsen data di lingkup Pemkab. Luwu Timur, Diskominfo-SP Lutim menggelar coaching dan pelatihan Pelatihan Pengumpulan dan Pengelolaan Metadata Statistik Sektoral yang diikuti oleh pengelola data statistik setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Lutim yang berlangsung di Hotel Horison, Makassar, Selasa (7/11/2023).

Pelatihan dibuka oleh Kepala Diskominfo-SP, H. Hamris Darwis mewakili Bupati Luwu Timur didampingi Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang Statistik. Sementara narasumber adalah tim teknis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Luwu Timur, Muktamar Amal, Fathur Rahman Muhdar dan Ramiati Rahim.

Bacaan Lainnya
 

Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo-SP, H. Hamris Darwis mengatakan, tujuan dari coaching dan pelatihan ini tidak hanya mewujudkan terselenggaranya program satu data Indonesia tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam pengumpulan dan pengelolaan metadata statistik sektoral di Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari Perpres Nomor 39 Tahun 2019 yang mengatur penyelenggaraan tata kelola data serta peran dan fungsi antara BPS sebagai pembina data, Diskominfo-SP sebagai walidata dan OPD yang berperan sebagai produsen data serta keterlibatan Kepala Daerah juga menjadi hal yang penting dalam mewujudkan satu data Indonesia,” kata Hamris.

“Tidak hanya itu, tujuan dari kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan SDM agar dapat menyusun metadata statistik sektoral secara mandiri sehingga kedepannya akan tersedia data/informasi statistik sektoral yang muktahir, akurat, dan dapat dipertanggung jawabkan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi dalam pelaksanaan pembangunan dan peningkatan tata kelola informasi yang baik dan terstandar,” jelas Hamris.

Adapun Materi yang disampaikan pada kegiatan ini antara lain ; Pentingnya Satu Data Indonesia, Standar Data, Satu data Luwu Timur, Generci Statistical Business Process Model, Penyusunan Metadata ,praktek aplikasi serta pengenalan evaluasi penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Coaching dan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 7 – 9 November 2023. (rls)