Dinas Pertanahan Makassar Sebut Revitalisasi Karebosi Terkendala Lahan

Dinas Pertanahan Makassar Sebut Revitalisasi Karebosi Terkendala Lahan

Makassar, upeks.co.id- Proyek Pembangunan Revitalisasi Kawasan Olahraga Karebosi dan Fasilitasi Pendukung kini memasuki tahapan masa sanggah. Pemenang tender ini yakni PT Arkindo dengan penawaran Rp63,5 miliar dari pagu senilai Rp69,9 miliar.

Hanya saja, proyek strategis milik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar itu terancam tender gagal. Alasannya, Hak Penggunaan Lahan (HPL) atau dalam hal ini alas hak dari Karebosi belum dikantongi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar. Padahal, fisik sertifikat lahan menjadi syarat penandatangan kontrak rekanan.

Bacaan Lainnya
 

Kepala Bidang Pemanfaatan Tanah Dinas Pertanahan Kota Makassar Ismail Abdullah mengatakan pengurusan HPL atau sertifikat lahan di Karebosi masih menunggu pusat. Saat ini, pihaknya sudah menyerahkan berkas ke pemerintah pusat.

“Sementara on progres di Jakarta. Artinya, bu kadis sudah mengantar ke Jakarta lengkap dokumen. Ini tandatangan menteri,” ujar Ismail Abdullah, Selasa 21 November 2023.

Terpisah, Kepala Dispora Makassar Andi Patiware menyampaikan harapan agar Dinas Pertanahan Kota Makassar segera menyelesaikan HPL sebelum penandatanganan kontrak dengan pemenang tender Revitalisasi Kawasan Olahraga Karebosi dan Fasilitasi Pendukung.

“Target kami bisa selesaikan tandatangan kontrak akhir bulan. Besar harapan kami, Dinas Pertanahan bisa percepatan adanya HPL. Apalagi, tim pendamping hukum bilang harus ada alas hak,” jelas Andi Patiware.