Bersama BKKBN, Aliyah Mustika Ilham Cegah Stunting Dari Hulu

Bersama BKKBN, Aliyah Mustika Ilham Cegah Stunting Dari Hulu


MAKASSAR,UPEKS.co.id— Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama mitra BKKBN, kembali gelar sosialisasi guna penanganan stunting.

Kali ini dikemas dalam bentuk sosialisasi pencegahan stunting dari hulu, yang digelar di Hotel Ramedo, dan dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat di Kota Makassar, Senin (27/11/2023).

Bacaan Lainnya
 

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Perwakilan BKKBN Prov Sulsel, Yosep Upa, S.sos M.Si, dan juga Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Makassar, Syahruddin, S.SosM.Adm Pemb, selaku narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, Aliyah Mustika Ilham mengajak seluruh masyarakat, agar melakukan gerakan bersama percepatan penurunan angka stunting.

“Permasalahan stunting, harus diselesaikan dari hulu, lebih pada pencegahan. Mencegah lahirnya anak stunting, dapat dilakukan jika masyarakat telah memahami dan menyadari berbagai faktor sehingga anak terlahir stunting,” ujarnya.

Selain itu, Aliyah Mustika Ilham juga menyampaikan peran penting masyarakat, dalam upaya mencapai cita cita bersama, yakni melahirkan generasi emas bagi Indonesia.

Sementara itu, Syahruddin, menyampaikan hal senada, terkait pentingnya pemahaman bersama, sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu.

“Usia pernikahan merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan, usia pernikahan terlalu dini menjadi salah satu faktor lahirnya anak stunting, dikarenakan secara fisik, ibu belum siap,” ujarnya.

Selain itu, memberikan perhatian pada gizi para calon ibu, dan juga pemberian tablet tambah darah penting diberikan kepada calon ibu, dan juga ibu yang sedang mengandung.

“Kondisi lingkungan, kebersihan, dan sanitasi juga harus selalu diperhatikan,” tambahnya.

Seluruh peserta sosialisasi terlihat sangat antusias mengikuti berbagai pemaparan materi, yang diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab, serta pembagian doorprize berupa berbagai alat kebutuhan rumah tangga. (rls)