Balai Bahasa Sulsel Kerjasama Kemendikbudristek Gelar FTBI 2023

Balai Bahasa Sulsel Kerjasama Kemendikbudristek Gelar FTBI 2023

Makassar,Upeks.co.id– Balai Bahasa Sulsel bekerjasama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2023 tingkat Selolah Menengah Pertama (SMP) se-Sulselbar, mulai tanggal 6–8 November 2023, di Hotel Aryaduta Makassar.

Ketua Panitia Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBIk 2023, Amriani mengungkapkan, bahwa Balai Bahasa Sulsel memiliki tiga program besar yaitu literasi, perlindungan bahasa daerah dan penginternasionalan Bahasa Indonesia.

Bacaan Lainnya
 

“FTBI ini acara puncak dari rangkaian kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) yang merupakan bentuk apresiasi kepada siswa yang semangatnya sangat luar biasa dalam belajar bahasa daerah dan juga menjadi pelopor peningkatan revitalisasi bahasa daerah di Sulselbar. Ini tahun ketiga Balai Bahasa Sulsel melaksanakan kegiatan FTBI,” ungkapnya.

Kepala Balai Bahasa Sulsel, Ganjar Harimansyah menyatakan, FTBI 2023 ini bisa terlaksana dengan baik berkat kolaborasi dan sinergitas dari semua pihak yang telah mengawal program revitalisasi bahasa daerah hingga FTBI tingkat provinsi. “Istimewanya, peserta FTBI 2023 tingkat SMP ini berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel dan tiga kabupaten di Sulbar. Mereka akan memberikan penampilan terbaiknya di beberapa kategori lomba, yaitu lomba mendongeng, berpidato dan komedi tunggal serta penulisan cerpen,” ujarnya.

Ganjar berharap, FTBI 2023 bukan hanya sekadar lomba, tetapi dapat membangkitkan kegembiraan para peserta dalam berbahasa daerah dan menapakkan langkah awal yang lebih baik hingga berlanjut untuk berprestasi lebih baik dibandingkan dengan mereka yang ketika sekolah menggunakan bahasa baru (yang bukan bahasa ibu). (rls)