Webinar Kemenkominfo: Kebal Hoaks, Ayo jadi Netizen Kritis

Webinar Kemenkominfo: Kebal Hoaks, Ayo jadi Netizen Kritis

 

MAKASSAR, Upeks.co.id — Penyebaran informasi atau berita bohong yang kini dikenal dengan istilah hoaks, menjadi salah satu tantangan dalam membangun peradaban bangsa.

Bacaan Lainnya

Penyebarannya yang masif melalui kanal-kanal digital seperti media sosial, mau tidak mau menuntut para pengguna internet agar kritis dalam menerima informasi.

Berkaitan dengan problem tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar webinar Literasi Digital yang melibatkan masyarakat.

Kegiatan webinar bertajuk “Kenal Hoaks, Ayo jadi Netizen Kritis” ini akan melibatkan masyarakat Kabupaten Gowa, pada Rabu 25 Oktober 2023.

Adapun pembicara dalam webinar nanti salah satunya adalah Erfan Hasmin. Kepala Unit ICT Universitas DIPA Makassar ini akan membahas Kecakapan Digital.

Ia akan mengajak peserta untuk mengenal lebih jauh tentang
hoax dan mengapa penyebarannya begitu masif.

Langkah-langkah untuk menghindari hoaks, serta tips memilih informasi yang harus dibagikan agar selalu positif, adalah dua poin yang juga akan ia bahas.

Kemudian pembicara kedua, Yunus Susilo, dosen Teknik Geomatika Fakultas Teknik Unitomo ini akan membahas Etika Digital.

Saring Sebelum Sharing,
pilah-pilih sebelum sebar konten, dan gunakan logika untuk bedakan fakta dan hoaks, adalah beberapa poin yang akan ia sampaikan.

Sementara pembicara ketiga, Chika Audhika akan membahas Keamanan Digital.

Profesional Public Speaker dan juga Host ini akan mengajak peserta bagaimana cara bijak bermedia sosial, dan cara cek fakta sebelum menyebarkan atau memposting konten.

Kegiatan ini akan dipandu Angga Andrias, S.Pd., bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Calon peserta cukup meng-klik link ini:
https://s.id/registrasikabgowa_2510 dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat. Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital. Makanya, bagi anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk anda.

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulteng, Sulbar dan Sulut.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang. Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.(rls)