UPT SMA 2 Sidrap Gelar ‘Jumat Berbagi’

UPT SMA 2 Sidrap Gelar ‘Jumat Berbagi’


SIDRAP,UPEKS.co.id— UPT SMA Neg 2 Sidrap Gelar Jum’at Berbagai, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan di samping mengajarkan Siswa berbagi. Untuk mewujud Kepedulian Kepada sesama, tentunya modal utama adalah Ke Ikhlasan.

Gagasan ini muncul setelah melihat dan mempelajari dengan  ditemukannya siswa yang masih kurang mampu, ini di lihat berdasarkan dari Proses PPBD yaitu jalur apermasi.

Bacaan Lainnya

Sehingga kita coba terapkan untuk mengumpulkan segengam beras dan satu butir telur persiswa, dan kemudian di kumpulkan, untuk dapat bagikan kepada warga yang  membutuhkannya, Siswa yang kurang mampu.

Hal tersebut di sampaikan Kepala UPT SMA Neg 5 Sidrap Siswadi, S.Pd. M.Si saat di konfirmasi di ruang kerjanya, Jum’at, 13 Oktober 2023.

Lanjut Siswadi mengatakan adanya  Jum’at Berbagi ini,  sebelumnya juga dilakukan Siswa dan Guru untuk berbagi buah dan berbagi sarapan untuk sehat gizi bagi siswa.

Kegiatan ini sudah berlangsung lebih satu bulan, dan sementara untuk pembagian beras dan telur ini yang pertama kali di lakukan, ungkap Siswadi.

Dijelaskan Siswadi, untuk Guru dan pegawai dilakukan sarapan bersama dan makan siang bersama dananya bersumber dari sumbangan Jumat berkah guru.

Di sekolah ini disiapkan kotak  untuk sumbangan berbagi, yaitu, Kotak Jum’at berkah, bagi guru dan Siswa.

Untuk guru di pergunakan untuk serapan bersama dan makan siang bersama dan untuk siswa peruntukannya untuk sumbangan siswa yang kurang mampu dan warga sekitar, ungkap Siswadi.

Dikatakan Kepsek Siswadi bahwa  untuk Beras dan telur ini yang pertama  kali di lakukan, dan sementara untuk pembagian uang sudah dilakukan setiap Jumat.

Lanjut Siswadi mengatakan tujuan Jum’at berbagi ini, yaitu untuk membiasakan anak untuk peduli kepada sesama, seraya memohonkan doa semoga sedekahnya Jumat dari orang tua murid untuk anaknya, kita mohonkan doa semoga di mudahkan belajarnya, dan di lembutkan hatinya, untuk menjadi anak saleh dan saleha, dan serta mendekatkan kita dengan warga disekitar Sekolah utamanya yang kurang mampu.

Dijelaskan Siswadi bahwa Sasaran dari Jumat berkah ini di peruntukkan bagi siswa yang kurang mampu, warga yang kena stanting, dan masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap atau penghasilannya di bawah UMN.

Harapan kita, kata Siswadi adalah program ini bisa berkelanjutan dan di dukung oleh orang tua murid dan Pemerintah dan bisa memberi maanfaat kepada yang membutuhkannya.

Ditambahkan Kepsek SMA Neg 2 Sidrap Siswadi bahwa dari segenggam Beras dan satu butir telur persiswa, itu dapat terkumpul sebanyak 200 Kg Beras dan 20 Rak telur.

Dilain sisi ada juga Siswa membawa uang sebesar Rp 1.000,- .dan selain Siswa juga Guru ikut Jum’at Berkah dengan mengeluarkan uangnya  seikhlasnya.

Di Sekolah ini di huni Siswa sedikitnya 1.026 Siswa dan tenaga pengajar/Guru sebanyak 62 dan pegawai 7 orang.

Dari data yang di peroleh Jum:at Berbagi di dapatkan uang sebanyak Rp. 2.205.000,- terdiri dari Siswa Sebanyak 1.823.000 dan Guru sebanyak Rp. 382.000,- ungkap Siswadi. (Risal Bakri)