Tarian Massal Pesona Bahari Kemilau Budaya Tampil Memukau di Pembukaan Festival Takabonerate 

Tarian Massal Pesona Bahari Kemilau Budaya Tampil Memukau di Pembukaan Festival Takabonerate 
Selayar, Upeks.co.id-  Tarian massal Pesona bahari Kemilau budaya tupakbiring binaan Sanggar Seni Tanadoang (SST) Kabupaten Kepulauan Selayar mengisi opening seremoni pembukaan Festival Takabonerate (FTB) 2023 di Taman Pelangi Benteng, Kamis (26/10/2023) malam.
Penari yang terdiri dari 72 orang ini sempat memukau dan menjadi perhatian Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si.yang hadir membuka kegiatan FTB 2023.
Menurut Bahtiar Baharuddin, penampilan penari Sanggar Seni Tanadoang tidak kalah dengan penari yang biasa tampil pada event-event tingkat nasional.
“Tariannya hebat, kita di Sulsel  ada banyak tarian, tarian ini adalah hasil cipta rasa karsa manusia yang mencerminkan nilai budaya masyarakat. Kita menghargai pekerja seni. Jadi barangkali kita perlu buat event yang lebih besar khusus seni,” ucap Pj Gubernur Sulsel.
Sementara Wakil Ketua Sanggar Seni Tanadoang Supriadi kepada awak media mengatakan, tarian massal yang ditampilkan itu menggambarkan aktivitas masyarakat pesisir, dengan mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan illegal fishing yang dapat merusak ekosistem laut, dengan memakai alat tangkap tradisional bubu.
“Kami latihan selama satu bulan jelang FTB. Ada 72 penari ditambah 10 orang pemusik, dan delapan orang penata geran,” ungkapnya.
Disebutkan, para penari direkrut siswa dari UPT SMAN 1 Benteng, SMK 5, MAN Selayar, SMPN 1, SMP Barugaia, Siswa dari SMAN Batangmata serta dari Sanggar Seni Tanadoang sendiri.
Selain Sanggar Seni Tanadoang Selayar, Opening Seremoni Pembukaan FTB juga diisi tarian dari sanggar seni Patonro Dinas Kebudayaan Kota Makassar. (Sya)