Peringari Hari Rabies Sedunia,

Puskeswa Maros Gelar Vaksinasi Rabies, Gratis untuk Anjing dan Kucing

Puskeswa Maros Gelar Vaksinasi Rabies, Gratis untuk Anjing dan Kucing

MAROS, Upeks.co.id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melalui bidang Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) menggelar vaksinasi rabies pada hewan kucing dan anjing secara gratis.

Pemberian vaksinasi ini dilaksanakan di Hutan Kota Maros, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Maros Agustam meninjau langsung kegiatan vaksinasi rabies ini.

Wakil Bupati Maros Suhartina mengatakan ada ratusan orang yang sudah melakukan pendaftaran dengan membawa anabul peliharaan mereka.

“Untuk memperingati hari rabies sedunia ini kami dari Pemerintah kabupaten maros, mengadakan suntik rabies gratis untuk semua hewan-hewan yang ada di Maros,” jelasnya.

Pada kegiatan vaksinasi momentum hari rabies sedunia ini, Pemerintah setempat meng fokuskan kegiatan tersebut di Hutan Kota Maros.

“Hari ini kami fokuskan di hutan kota maros dengan harapan semua yang punya anabul hewan peliharaan bisa datang kesini untuk langsung melakukan pengecekan kesehatan langsung,” ujarnya.

Suhartina menambahkan ke depan  pelaksanaan vaksinasi rabies untuk hewan ini akan rutin dilakukan oleh pihaknya dengan harapan Wilayah Maros bisa menjadi Kabupaten bebas rabies.

“Ada sekitar seratusan hewan yaitu kucing dengan anjing, semoga ke depan masif dilakukan supaya maros bisa menjadi kabupaten yang bebas rabies,” tambahnya.

Sementara itu Kepala UPTD Puskeswan Maros drh.Ujistiany Abidin mengatakan kegiatan ini diharapkan bisa menurunkan angka kejadian rabies khususnya di Kabupaten Maros.

“Harapan kami melalui pemberian vaksinasi gratis ini bisa menurunkan angka kejadian rabies, dan kami tetap berkolaborasi dengan dinas kesehatan,” jelasnya.

Ujistiany pun menyebut selain pemberian vaksin juga dilakukan sosialisasi, edukasi penanganan khusus rabies.

“Hari ini kami juga ada sosialisasi edukasi penanganan kasus rabies pada manusia kasus gigitan dan alhamdulillah peserta anabul ada 100 ekor lebih semoga semuanya bisa tercover,” pungkasnya.(alfi)