Pj Gubernur Sulsel Buka Festival Taka Bonerate 2023

Pj Gubernur Sulsel Buka Festival Taka Bonerate 2023
Selayar, Upeks.co.id- Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin buka Festival Taka Bonerate di Taman Pusaka Benteng Kepulauan Selayar, Kamis (26/10/2023) malam.
Pembukaan event tahunan Festival Taka Bonerate ditandai tabuhan Gendang Pj Gubernur bersama Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli disaksikan sejumlah unsur pejabat provinsi dan pejabat pemerintah daerah serta undangan dan ribuan masyarakat Selayar.
Dalam kesempatan tersebut, Bahtiar mengungkapkan kehadirannya, hendak memberi dukungan dan apresiasi serta penghormatan terhadap seluruh upaya yang dilakukan pemerintah dan seluruh masyarakat Selayar yang selama ini menjaga Takabonerate dan sekitarnya.
“Atas nama Pemerintah Sulawesi Selatan kami memberikan penghargaan atas upayanya selama ini.” Ucap Pj Gubernur dalam sambutan pembukaanny
Menurutnya, Pekerjaan menjaga dan merawat alam bukanlah pekerjaan muda, ibaratnya Taka Bonerate adalah Taman laut yang turun dari surga yang dititipkan tuhan kepada masyarakat Selayar dan seluruh masyarakat Sulawesi Selatan yang harus dijaga.
Kata Pj Gubernur, Taka Bonerate tidak saja menjadi kebanggaan Masyarakat Sulawesi Selatan tapi sudah menjadi kebanggan dunia, yang dibuktikan dengan pengakuan dan penghargaan dari Unesco, sungguh keagungan yang luar biasa.
Untuk itu, masyarakat Selayar harus bersyukur diberi keberkahan alam seperti Taka Bonerate, tempat hidupnya karang dan biota-biota laut, karenanya Sulawesi Selatan termasuk salah satu daerah penghasil hasil laut terbesar di Indonesia.
Lanjut dikatakan, Pesona keindahan alam selayar, haruslah dibawa go internasional, sebab sudah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia, maka dunia internasional juga harus secara bersama-sama ikut memikul tanggungjawab untuk menjaga dan merawat Taka Bonerate.
“Dari Bumi Tanadoang kita juga memohon kepada seluruh masyarakat dunia dimana pun berada untuk sama-sama merawat Taka Bonerate agar tetap lestari dan selalu menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Sulawesi Selatan dan Masyarakat Selayar khusunya.” Serunya
Disebutkan pula bahwa Wisata adalah salah satu sumber pendapatan negara yang terbesar, Ada banyak negara di dunia ini, alamnya tidaklah terlalu indah, tetapi mereka mampu menjual pariwisatanya diberbagai sektor, maka jadilah daerah yang sangat sejahtera.
“Mari kita gerakkan potensi pariwisata Taka Bonerate menjadi sumber ekonomi masyarakat menuju sejahtera.” Pintahnya Pj Gubrenur Sulsel mengakhiri sambutannya.
Dikesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Selayar, menyebutkan Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki potensi wisata bahari yang besar karena memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia yakni Taman Nasional Taka Bonerate dan termasuk dalam segitiga kawasan  terumbu karang dunia.
Karena itu, Bupati Basli Ali mengaku sangat yakin Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tidak menutup mata untuk terus memberikan dukungan dan pendampingan pada kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Kepulauan Selayar.
Terpantau gelaran pembukaan event Festival Taka Bonerate 2023 berlangsung meriah dengan atraksi seni dan budaya persembahan ratusan pelajar Bumi Tanadoang, acara makin semarak dengan pelepasan ratusan lampion dan pesta kembang api serta hiburan musik artis ibu kota (Sya)