Pj. Bupati Takalar Hadiri Launching Aplikasi Inzting Sulsel

Pj. Bupati Takalar Hadiri Launching Aplikasi Inzting Sulsel

TAKALAR,UPEKS.co.id— Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg menghadiri Launching Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Data Stunting (Inzting) Sulsel dirangkaikan dengan Pengukuhan Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting (Keluarga Berisiko Stunting) di Taman Lakipadada Rumah Jabatan Gubernur Sulsel,Rabu (4/10/2023) Malam.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk menyediakan aplikasi satu data untuk mengakses jumlah sasaran kelompok berisiko stunting diseluruh Kab/Kota di Sulsel untuk mendukung pelaksanaan pengelolaan program kegiatan pencegahan dan penurunan stunting di sulsel sesuai indikator capaian.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatangan Launching Aplikasi Inzting Sulsel oleh Pj. Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin, M. Si disaksikan Pj. Ketua TP. PKK Sulsel, Kepala BKKBN RI, Anggota DPRD Prov. Sulsel, Anggota Forkopimda Prov. Sulsel, Kepala BKKBN Prov. Sulsel dan Pj. Bupati Takalar.

Pj. Gubernur dalam sambutannya mengatakan dari berbagai langkah penurunan stunting, inovasi yang cukup signifikan adalah bapak asuh.

Ia pula menyampaikan program “bapak asuh” merupakan program hasil kerja sama dengan BKKBN dalam menyalurkan bantuan kepada anak stunting. Program ini dilakukan guna meningkatkan gizi anak-anak yang mempunyai masalah dalam tumbuh kembangnya.

“Untuk mengetahui angka penurunan stunting, dibutuhkan data yang akurat, untuk itu dengan launching inzting ini diharapkan ada aplikasi satu data yang digunakan untuk memudahkan dalam mengakses jumlah kelompok berisiko stunting sehingga dapat segera ditangani” jelasnya.

Lebih jauh jelaskan, dalam mencegah stunting kita perlu memperhatikan tatanan kehidupan dimasyarakat. Jika pendapatannya bagus pasti asupan gizinya juga akan baik, tetapi jika pendapatan kurang, asupan gizinya juga kurang sehingga dapat memicu stunting pada anaknya.

“Untuk itu, perlu dilakukan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, baik melalui kebijakan nasional maupun daerah yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat”ujarnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Takalar terus mendukung program pemerintah, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. Dengan usaha dan kerja keras kita bersama, semoga angka stunting di indonesia dapat berkurang dan gizi anak-anak kita dapat terpenuhi dengan baik sehingga dapat menciptakan generasi yang sehat, cerdas dan cemerlang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TPPS Kab/kota se-Sulsel, Ketua TP. PKK Kab/kota, para Kepala OPD lingkup Prov. Sulsel dan Kepala OPD Kab/kota. (Jahar)