Piala Esport 2023, Lahirnya Para Juara Baru Esport Indonesia

Piala Esport 2023, Lahirnya Para Juara Baru Esport Indonesia

JAKARTA,UPEKS.co.id— Rangkaian babak grand final Piala Presiden Esports 2023 yang diselenggarakan sejak Sabtu (21/10) hingga Minggu (22/10) di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta berlangsung sukses. Sebanyak empat nomor gim yang dipertandingkan telah melahirkan juara dan membawa pulang trophy Piala Presiden Esports 2023 dan hadiah dengan total sebesar Rp 2 miliar.

Selama dua hari penyelenggaraan, telah lahir para juara baru di empat gim yang dipertandingkan. Di nomor gim Mobile Legends: Bang Bang Men, AURA Fire berhasil jadi juara usai menekuk Rebellion Zion dengan skor 3-0.

Bacaan Lainnya
 

Sedangkan di nomor gim Lokapala, Mahadewa mampu jadi yang terbaik setelah unggul atas OPI Admirals dengan skor 3-0. Di nomor gim lokal lainnya yaitu Battle of Guardians, atlet asal Bali, Joddz sukses mengalahkan Ucupbaddman.

Di nomor gim kategori wanita, Bigetron Era berhasil mencetak sejarah sebagai juara Mobile Legends: Bang Bang Women pertama. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Debora Imanuella, menuturkan bahwa kejuaraan olahraga elektronik non-developer prestisius di Indonesia ini, telah menjadi wadah bagi para talenta esports muda untuk unjuk gigi dan berhasil menjangkau pemain-pemain di seluruh Indonesia, termasuk atlet perempuan.

Ia berharap Piala Presiden Esports 2023 mampu mendorong banyak bakat muda yang bermunculan di kancah esports Indonesia.

“PBESI mengapresiasi langkah Piala Presiden Esports 2023 yang kembali berhasil menggelar turnamen skala besar secara inklusif dengan menjangkau pemain-pemain dari berbagai penjuru Indonesia dan juga para atlet esports perempuan. Tidak hanya itu, PB ESI juga mengapresiasi konsistensi Piala Presiden Esports dalam mempertandingkan gim lokal yang kami percaya akan berdampak pada penguatan ekosistem gim lokal yang kini tengah berkembang. Kami berharap kompetensi dan prestasi seluruh atlet yang berlaga, khususnya para pemenang Piala Presiden Esports 2023, akan terus berkembang dan meningkat di masa datang, baik di tingkat nasional maupun internasional,” jelas Debora.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo, menyatakan bahwa sejumlah sejarah baru telah tercetak. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, komposisi gim lokal yang dipertandingkan lebih banyak dibandingkan gim mancanegara. Hal ini semakin menunjukkan bahwa kejuaraan non-publisher terbesar di Indonesia ini turut memberikan wadah bagi para developer gim lokal untuk unjuk gigi.

“Tahun ini, Piala Presiden Esports 2023 didominasi oleh gim besutan anak bangsa yaitu Battle of Guardians dan Lokapala. Ini adalah sebuah pencapaian yang membanggakan, bahwa kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Selain itu, satu sejarah lain tercetak di tahun ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Presiden Esports, nomor gim Mobile Legends: Bang Bang Women dipertandingkan sehingga memberikan kesempatan bagi para pro player wanita untuk turut serta unjuk gigi sekaligus panen prestasi,” papar Rangga.

Samsung Electronics Indonesia selaku sponsor title Piala Presiden Esports 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam ajang ini, khususnya para atlet yang telah berjual dari awal rangkaian. Head of Marketing MX Samsung Electronic Indonesia, Andi Airin berharap prestasi dari para juara tidak hanya terhenti sampai di sini.

“Kami mengucapkan selamat kepada para juara. Performance para juara Piala Presiden Esports 2023 ini keren banget, dari awal turnamen hingga akhirnya bisa mencapai prestasi tertinggi ini. Semoga para juara baru esports ini tetap giat berlatih dan selalu memiliki determinasi tinggi untuk terus mencetak prestasi yang lebih. Kami akan selalu mendukung perkembangan esports Indonesia melalui produk- produk yang kami sediakan serta beberapa program khusus esports yang sudah kami rancang. Semoga esports Indonesia semakin maju dan mendunia,” tutur Airin.

Piala Presiden Esports 2023 Lahirkan Tiga Juara Baru di Hari Terakhir Pada hari terakhir babak grand final, Minggu (22/10), keseruan tersaji di partai final tiga nomor gim yang tersisa yakni Lokapala, Battle of Guardians, dan Mobile Legends: Bang-Bang Men.

Seluruh tim yang bertanding mengerahkan segenap kemampuan guna menyegel gelar juara Piala Presiden Esports 2023. Tim Mahadewa sukses memboyong gelar juara Piala Presiden Esports 2023 nomor gim Lokapala, setelah berhasil menaklukan OPI Admirals. Dalam skema pertandingan lima ronde, Mahadewa berhasil tampil dominan dan keluar sebagai juara dengan skor telak 3-0.

Selain gelar juara, punggawa Mahadewa yakni Anessss juga meraih titel Most Valuable Player (MVP) alias pemain terbaik. Roger “Stoff” Jeremy selaku pelatih tim Mahadewa, memberikan apresiasinya kepada penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2023.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Piala Presiden Esports yang sudah mempertandingkan Lokapala di turnamen tahun ini, dan sudah memunculkan talenta pro player baru yang bisa menjadi pesaing-pesaing baru buat kami di skena kompetitif Lokapala,” ujar Roger “Stoff” Jeremy.

Berlanjut ke nomor gim selanjutnya yakni Battle of Guardians yang mempertemukan Ucupbadmann dan Joddz di babak final. Unggul 3-1, Joddz. memastikan diri menjadi juara Piala Presiden Esports 2023. Kemenangan ini sekaligus menjadi gelar Piala Presiden Esports 2023 perdana untuk Joddz.

“Gelar juara Piala Presiden Esports 2023 ini sangat berharga buat saya, karena ini adalah capaian pertama di luar Bali. Dari dulu saya dan teman-teman komunitas di Bali sangat mendambakan untuk mengikuti turnamen di skala Nasional, dan akhirnya saya bisa bertanding di kejuaraan sebesar PPE. Terima kasih kepada pihak penyelenggara karena selalu menyediakan wadah bagi gim-gim lokal untuk berkembang,” ucap Joddz.

Sedangkan di nomor gim Mobile Legends: Bang Bang Men, Rebellion Zion harus bertekuk lutut di hadapan AURA Fire dengan skor telak 0-3. Kemenangan ini membuat AURA Fire meraih trofi Piala Presiden Esports kedua mereka, setelah sebelumnya menjadi juara di Piala Presiden Esports 2021. Salah satu pemain AURA Fire, High merasa jika tahun ini terasa berat baginya.

“Buat saya pribadi, tahun ini terbilang sangat berat. Sebagai pemain yang sudah lama berada di tim, saya merasa gagal buat membimbing beberapa pemain baru di tim ini. Hal itu yang membuat saya merasa agak bersalah ke mereka. Saya sendiri hanya bisa bilang ke mereka, buat terus berusaha dan tidak mudah menyerah,” ucap High. (***)