MAN Insan Cendekia Gowa Ikut Lomba Aksi Kreatif Remaja

MAN Insan Cendekia Gowa Ikut Lomba Aksi Kreatif Remaja

Gowa, Upeks–Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gowa mengikuti kegiatan Lomba Aksi Kreatif Remaja (LASKAR) III yang diselenggarakan pada Rabu hingga Minggu (25-29/10/2023) di Lapangan Bola Bonto Tangnga, Kecamatan Parangloe.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Palang Merah Remaja (PMR) Wira Unit SMA Negeri 6 Gowa dengan tujuan untuk mengembangkan dan mensosialisasikan Kegiatan LASKAR PMR Kabupaten Gowa.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh sekolah PMR se-kabupaten Gowa, dengan jumlah peserta 300 siswa 50 pendamping dan MAN IC gowa mengikutsertakan 24 peserta yang terdiri dari 10 putra dan 14 putri dan 3 pendamping untuk mengikuti lomba LASKAR III ini.

 

Kepala MAN IC Gowa Burhanuddin S.Ag, M.Fil, menyebutkan, PMR Unit MAN IC Gowa terbilang masih baru dan terbentuk sejak 6 Agustus 2023 dan ini adalah pertama kalinya bagi siswa/i PMR MAN IC Gowa untuk berpartisipasi.

“Dengan persiapan yang sangat minim, keberanian dan semangat siswa/i MAN IC Gowa menghiasi acara di perkemahan ini. Lomba ini bukan hanya tentang persaingan, tetapi juga tentang pengalaman memperluas keterampilan dan belajar untuk bersatu,” ungkapnya.

Lomba yang diikuti oleh peserta MAN IC Gowa adalah lomba Pasang Bongkar Tenda (PBT) putra/putri, travelling, video kreasi, A’Longga estafet, bola mini daster, balap estafet sarung, asing-asing, cerdas cermat, lomba debat, tarian kreasi, dan teater kreasi.

Berdasarkan hasil lomba, MAN IC Gowa berhasil meraih Juara 1 lomba video kreasi, Juara 3 lomba debat, Juara 1 lomba sarung estafet.

Selama lima hari, peserta berkompetisi dengan semangat tinggi, menunjukkan keterampilan mereka dalam menghadapi situasi-situasi darurat yang diberikan oleh juri.

Pembina PMR Unit MAN IC Gowa Muh. Firman AF mengatakan,  siswa/i MAN IC Gowa sangat semangat mengikuti kegiatan ini.

“Ini jadi kesempatan yang sangat bagus untuk siswa/i MAN IC Gowa berkolaborasi dalam permainan tim yang menguji keterampilan komunikasi dan kerja sama,” ujarnya.

Acara ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga menjadi tempat yang mendorong pertumbuhan nilai-nilai kemanusiaan, kepedulian, dan keterampilan yang akan membawa manfaat jangka panjang. Perkemahan ini menciptakan lingkungan di mana para remaja dapat mengeksplorasi potensi diri mereka dan merasa bersatu dalam sebuah misi kemanusiaan yang luar biasa.

Harapan Kepala MAN IC Gowa, dengan adanya kegiatan ini bisa lebih memaksimalkan diri atau menggali potensi yang ada pada diri siswa/i MAN IC Gowa.

“Semua memiliki potensi, baik potensi secara akademik maupun non akademik. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa/i MAN IC Gowa bisa belajar dan menambah pengalaman, mengharumkan madrasah dengan raihan-raihan prestasi baik dari tingkat daerah hingga internasional,” harapnya.(rls)